Pekerjaan P3-TGAI BWS Papua di 7 Daerah Lancar

Serah terima hasil pekerjaan P3-TGAI dari Satker OP SDA Papua kepada pemerintah kampung dalam hal ini diterima Kepala Pemerintahan Kampung (KPK) dan disaksikan Kepala BWS Papua diwakili Kasubag TU Christian T. Womsiwor, SE.,M.Si. di Jayapura, Jumat (13/12)kemarin. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA- Serah terima pekerjaan program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI), di 7 Kabupaten/kota di Papua yakni Kabupaten Nabire,  Keerom, Jayawijaya,  Waropen, Kota Jayapura,  Sarmi dan Kabupaten Jayapura dari Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Ke Balai Wilayah Sungai Papua, Jumat(13/12)kemarin.

   Dalam sambutannya Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Yulianus M. Mambrasar, S.ST., M.Si, MT., yang disampaikan Kasubag TU BWS Papua Christian T. Womsiwor, SE.,M.Si. dijelaskan, bahwa kegiatan P3-TGAI merupakan Kegiatan Nasional yang diharapkan mampu memberdayakan P3A/GP3A/IP3A, mengembalikan kondisi dan fungsi saluran dan/atau bangunan irigasi seperti semula secara parsial, perbaikan jaringan irigasi guna mengembalikan fungsi dan pelayanan irigasi seperti semula, peningkatan jaringan irigasi untuk meningkatkan fungsi dan kondisi jaringan irigasi yang sudah ada atau kegiatan menambah luas areal pelayanan pada jaringan irigasi yang sudah ada dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungan daerah irigasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

  “P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawa cita ke tujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan,”katanya.

Sementara itu,  pelaksana kegiatan P3TGAI  Nella Imbab, ST (PPK OP SDA II) melaporkan, bahwa tahapan-tahapan pelaksanaan P3TGAI sudah dilalui dengan baik, sehingga pada tanggal 20 Juni dapat dilakukan perjanjian kerjasama antara Balai Wilayah Sungai Papua dalam hal ini dilakukan oleh PPK OP SDA II, dengan masa perjanjian selama 30 hari.  Kelompok penerima mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum masa perjanjian berakhir.

Jumlah dana yang di salurkan untuk kegiatan P3TGAI 2019 sebesar Rp. 13.455.000, Dari dana tersebut terserap untuk tenaga kerja sebesar Rp. 4.231.714.000 atau sebesar 33,11%, dan sebesar Rp. 12.782.250.000 untuk peningkatan jaringan irigasi untuk meningkatkan fungsi dan kondisi jaringan irigasi. Sedangkan panjang saluran yang mampu di kerjakan dari dana tersebut adalah 14.451 meter. Dengan jumlah Tenaga Kerja yang diserap adalah sebesar 1136 pekerja,  dengan jumlah hari kerja sebesar 27.426 HKO.

   Untuk tahun 2019 jumlah penerima P3-TGAI sejumlah 70 lokasi yang tersebar di Kota Jayapura sejumlah 2 lokasi, Kabupaten Keerom 17 lokasi, Kabupaten Jayapura 10 lokasi,  Kabupaten Sarmi 4 lokasi, Kabupaten Jayawijaya 7 lokasi, Kabupaten Waropen 2 lokasi, dan Kabupaten Nabire sejumlah 28 lokasi.

    Akan tetapi, terdapat satu lokasi yang karena situasi kampung yang kurang kondusif yang menyebabkan kepala kampung untuk tahun ini tidak menerima program ini yaitu di Kampung Baino Jaya, Distrik Oudate Kabupaten Waropen,  jadi secara keseluruhan jumlah penerima P3-TGAI 2019 dilingkungan BWS Papua sebesar 69 lokasi/kelompok.(dil/wen)

(dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *