Disayangkan, Jalur Afirmasi  Masih Minim

Pengambilan Sumpah Pakta Integritas Penyelenggaraan Rekrutmen Proaktif Dalam Penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020 Panda Papua di Ruangan Rapat Biro SDM Polda Papua, Rabu (11/12).

Tahun ini Ada Tiga Jalur Penerimaan Bintara Polri

JAYAPURA- Penandatanganan dan Pengambilan Sumpah Pakta Integritas Penyelenggaraan Rekrutmen Proaktif Dalam Penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran 2020 Panda Papua di Ruangan Rapat Biro SDM Polda Papua, Rabu (11/12).

Penandatanganan dan pengambilan sumpah tersebut dengan jumlah peserta rekruitmen Proaktif Bintara Polri T.A. Polda Papua sebanyak 16 orang, dengan rincian, Talent Scoating 15 orang terdiri dari Pria 9 orang dan Wanita 6 orang serta Penghargaan  1 orang Pria.

Karo SDM Polda Papua Kombes Pol M. Yudi Hartanto menyampaikan pelaksanaan seleksi tahun ini sangat berbeda jauh dengan tahun lalu. Dimana tahun ini Polri memilah-milah pada seleksi, ada 3 jalur yaitu jalur prestasi, penghargaan dan kontribusi (afirmasi).

“Tapi disini saya melihat semuanya masih jalur prestasi dan penghargaan. Tetapi untuk jalur afirmasi itu tidak ada satu pun yang mendaftarkan diri, padahal yang kita butuhkan adalah orang asli Papua (OAP), yang memang kehidupannya sehari-hari di daerah perbatasan, Pulau Pulau terkecil dan terluar, dan yang terakhir hidup dalam lingkungan yang sulit trasportasi inilah yang kita butuhkan di Polri,” terangnya.

Dikatakan, di Papua diketahui bahwa suku sangat banyak dan ada kalau tidak salah 7 suku besar di Papua. namun mengapa, tidak ada yg mendaftarkan diri. Sedangkan saya melihat bahwa ini mungkin masih banyak lagi dari jalur prestasi yang belum direkrut.

Karo SDM juga mengingatkan kepada panitia seleksi yang mempunyai sanak famili, baik itu keponakan, tetangga, teman, sejawat yang belum tau tentang informasi ini jadi tolong di informasikan. Sehingga akan banyak anak-anak remaja seperti mereka yang mempunyai prestasi, afirmasi dan juga keahlian khusus, terkhusus putra Putri Papua yang ingin daftar menjadi anggota Polri.

“Sangat ironis sekali kalau hanya sedikit ini juga yang mendaftarkan diri saat ini, apalagi ini sudah ditutup pendaftarannya,” ucapnya.

Kepada para peserta seleksi dapat menerima segala apapun hasil yang didapatkan, tidak usah khawatir kalau ada perubahan nilai, karena setiap selesai pelaksanaan ujian langsung akan diumumkan dan hasil nya dapat dilihat.

“Didalam proses seleksi ini juga ada tim pengawasan internal dari Bid Propam Polda Papua (Paminal), yang akan bertugas untuk mengawasi proses seleksi hingga selesai,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *