Enam Bank Sampah Unit Resmi Beroperasi

Launching- Salah satu perwakilan Bank Sampah Unit (BSU), saat menandatangani deklrasi lanching enam Bank Sampah Unit (BSU) di Kampung Kehiran, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (11/12).(Yewen/Cepos)

SENTANI-Enam Bank Sampah Unit (BSU), masing-masing BSU Crystal Fire, BSU Rothebu, BSU Khaley, BSU Wamuma, BSU Uwakhe, BSU GPDI Jemaat Jhosua dan BSU Green Howale resmi beroperasi setelah diluncurkan (launching), Rabu, (11/12) .

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Chris Tokoro, mengungkapkan, Kabupaten Jayapura merupakan salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX, Tahun 2020 mendatang. Oleh karena itu, Pemkab Jayapura melalui pencanangan Go Adipura menyiapkan Kota Sentani yang bersih.

Menurut Chris, Bank Sampah Induk Kenambai Umbai telah melakukan sosialisasi dan masyarakat telah tergerak untuk membentuk 6 BSU di beberapa wilayah yang ada di Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Harapan kami kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura, untuk mengambil contoh dari enam BSU ini untuk menyediakan tempat pemilahan sampah di rumah dan lingkungannya masing-masing,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos usai launching enam BSU di Kampung Kehiran, Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, Rabu (11/12).

Senada dengan itu, CEO Bank Sampah Induk Kenambai Umbai, Saiful, memberikan apresiasi atas peluncuran enam BSU, ini lahir dari orang-orang yang komitmen untuk mengelola dan memilah sampah di lingkungannya masing-masing.

Saiful berharap, Pemkab dapat memfasilitasi sarana sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, sehingga ke depan masyarakat bisa paham dan mengerti serta tergerak untuk melakukan pemilahan sampah dan menabungnya langsung di bank sampah.

Sementara itu, Pemerhati Lingkungan Sekaligus Tokoh Masyarakat dan Tokoh Gereja Kampung Kehiran, Lukas Mokay mengatakan, kebersihan merupakan bagian dari iman. Oleh karena itu, pihaknya tergerak hati untuk membantu menjaga lingkungan yang bersih di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.(bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *