Bank Papua Wamena Siapkan Rp 1,3 Triliun 

Frits Alex Arwimbar (Denny/ Cepos)

WAMENA- Bank Papua Cabang Wamena di Kabupaten Jayawijaya, menyediakan sekitar anggaran Rp. 1,3 triliun untuk kebutuhan dana masyarakat, pemda dan pelayanan nasabah prima untuk menyambut Natal dan tahun baru.

   Kepala Bank Papua Cabang Wamena Frits Alex Arwimbar di Wamena,  mengatakan kantor cabang Wamena mengelola lima kas daerah yaitu di Kabupaten Jayawijaya, Nduga, Lanny Jaya, Yalimo dan Mamberamo Tengah.

  “Ketersediaan dana menghadapi hari raya, libur dan uang kertas untuk transaksi ATM, kita sudah mulai tanggal 5-30 Desember. Perkiraan untuk satu kabupaten Rp 200-250 miliar khusus bulan Desember,”ungkapnya Rabu (11/12) kemarin.

   Jika dibandignkan dengan ketersediaan uang kuartal pada bulan sebelumnya, Kata Frits Alex transaksi satu bulan hanya Rp 100 hingga 150 miliar untuk masing-masing kas daerah untuk pelayanan dana desa, prospek, dan pelayanan penarikan dari pihak ke tiga atau rekanan pemerintah daerah.

  “Kalau transaksi normal, Januari-November biasa satu bulan Rp 500 miliar, jadi beberapa kabupaten Rp100 miliar,” katanya.

   Walau permintaan dana masing-masing kabupaten pada Desember naik menjadi Rp250 miliar untuk pelayanan dana desa, prospek, penarikan pihak ke tiga rekanan pemerintah namun ketersediaan dana cukup.

   “Sampai hari ini ketersediaan dana cukup dan dapat mengcover transaksi sampai posisi akhir tahun. Itu kita permintaan ke Bank Indonesia dan Kantor Pusat sendiri,”jelasnya

   Frits memastikan droping dana ke kabupaten-kabupaten pemekaran pada tahap pertama sudah dilakukan Rp 40 miliar, akan dilanjutkan lagi pada minggu ini Rp 40 miliar dan akan dilanjutkan pada tahap ke tiga.

Mengantisiasi hari libur biasa isi untuk ATM itu  kalau hari normal sampai Rp 8 miliar, tetapi Desember, satu minggu saja bisa sampai 8 miliar. Seluruh ATM bank Papua yang ada di Wamena ada enam ATM. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *