Basket Papua akan TC di Bali dan Australia

Ribka Haluk (ERIK / CEPOS)

PON 2020 Paua

JAYAPURA – Pengprov Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Papua berencana bakal menjalani pemusatan latihan (TC) terpusat jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020, di dua daerah, yakni Australia dan Bali.

Ribka Haluk, Ketua Pengprov Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Papua mengatakan timnya akan melakukan TC di Bali, kemudian bertolak ke Darwin pada bulan Mei 2020 mendatang.

Ribka mengaku, dipilihnya Australia karena pengurus berkeinginan kuat membekali para atlet dengan jam terbang yang tinggi serta kualitas dan fasilitas mumpuni. Sebab Darwin, kata Ribka, sekolah tinggi khusus basket dan kebetulan pelatih basket Papua berasal dari negeri kanguru itu (Australia), sehingga memudahkan atlenya untuk mendapatkan memfasilitasi tempat latihan dan sparing patner.

“Intinya, kalau dari sisi edukasi bagus di Darwin, banyak akademi disana. Yang pasti kita mau coba kemampuan anak-anak dengan kompetisi yang lebih maksimal di luar negeri,” ungkap Ribka kepada awak media saat ditemui di rumah makan laut Jayapura, Sabtu (7/12).

Kendati demikian untuk ajang pemanasan sebelum ke TC ke Darwin, tim basket Papua akan lebih dulu menjajal latihan intensif di Bali pada awal tahun depan hingga April 2020 mendatang.

Sementara pada 14 Desember 2019 mendatang, tambah Ribka, tim basket putra Papua akan mengikuti uji tanding secara nasional di Kabupaten Mimika. Dari uji tanding itu, diharapkan pelatih kepala sudah mampu mengukur kelemahan dan kelebihan dari masing-masing atlet.

“Apalagi sudah ada penegasan dari Puslatprov Papua agar seluruh Cabor segera menetapkan tim inti yang akan turun dalam PON 2020. Tapi saya fikir pelatih kepala sudah memiliki kerangka inti yang nantinya turun di PON. Kita harap tentunya bisa terbentuk tim intinya dalam waktu dekat,” ujarnya

Diketahui, Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua cabang olahraga basket telah usai. Sebanyak sepuluh tim basket putra dan delapan tim putri dipastikan tampil di Papua pada tahun 2020 mendatang.

Kualifikasi PON untuk basket bergulir 29 Juni hingga 7 Juli Tangerang, Banten. Ajang itu diikuti 18 tim putra dan 13 tim putri. Dari jumlah itu, tujuh tim putra berhasil lolos, yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Banten, Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Tiga slot di bagian putra untuk basket PON 2020 dilengkapi oleh tuan rumah Papua, juara dan runner-up PON 2016, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sementara tim putri, meloloskan lima tim, yaitu Jambi, Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Itu ditambah tiga tim lain yang otomatis tampil di Papua 2020 adalah taun rumah Papua, juara dan runner up PON Jabar, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *