Jelang Natal, Pasokan Stok Telur Ayam Lokal  Cukup

Petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Biak Numfor ketika melihat langsung usaha peternakan ayam petelur lokal, di Biak, pekan kemarin. (Fiktor/Cepos)

BIAK-Pasokan telur ayam lokal di Kabupaten Biak Numfor dinilai sudah bisa memenuhi permintaan di masyarakat menjelang hari raya Natal 25 Desember 2019. Menurut data di Dinas Pertanian Kabupaten Biak Numfor, populasinya ayam petelur lokal sudah mencapai 48.000 ekor dan menghasilkan telur setiap harinya tidak kurang dari 41.000 telur.

  Sementara komsumsi telur di masyarakat di Kabupaten Biak Numfor setiap hari kurang lebih 35.000 telur. Dengan begitu, jika dihitung-hitung maka setidaknya telur ayam lokal sudah memenuhi kebutuhan atau permintaan masyarakat. Para peternak ayam petelur lokal juga masih terus melakukan pengembangan usaha-usaha peternakannya itu.   

  “Kalau telur lokal dari para peternak sudah banyak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kabupaten ini, boleh dikatakan swasemda telur sudah terpenuhi,” kata Kepala Dinas Pertanian Biak Numfor I Made Suardana, S.Sos.,MMA belum lama ini.

   “Dan khusus untuk daging babi, Kabupaten Biak Numfor sudah swasembada sejak tahun 2015 lalu. Daging Biak sudah dikirim ke sejumlah kabupaten di Papua,” lanjutnya.

   Di tempat terpisah, Kabupaten Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd meminta Dinas Pertanian Kabupaten Biak Numfor supaya mewujudkan ketahanan (swasembada) ayam pedaging lokal (broiler). Terkait dengan itu, maka upaya-upaya pengembangan ayam pedaging di peternak perlu menjadi perhatian serius.

  “Saya berharap supaya kedepan, ayam pedaging ini kita tidak lagi datangkan dari luar namun kalau bisa kita kirim untuk memenuhi permintaan kabupaten lainnya di Papua. Ini penting menjadi perhatian serius kita bersama,” imbuh Bupati ketika memberikan sambutan pada acara Pesona Kuliner dan Pangan Lokal yang digelar memeriahkan HUT Korpri ke-48 di Halaman Kantor Bupati, pekan lalu.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *