Pemkab akan Bayar Lahan Perluasan Jalan Bandara

Lahan yang digunakan untuk pembangunan pelebaran  jalan di kompleks Bandara Sentani. Pemkab Jayapura siap bayar lahan perluasan jalan ke Bandara Sentani. Foto dini diambil, Selasa (3/12). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Pertanahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Jayapura akan melakukan pembayaran terhadap lahan yang dipakai untuk perluasan ruas jalan di kompleks Bandara Sentani.

“Pembebasan tanah di depan Bandara yang kita bebaskan itu hanya lahan yang digunakan untuk pelebaran saja, kita siap lakukan pembayaranya,”kata Kepala Dinas Pertahanan dan Kawasan Permukiman, Terry Ayomi kepada koran ini, Selasa (3/12).

Namun untuk pembayaran lahan tersebut, pihaknya masih menunggu keputusan dari pihak adat dalam hal ini pihak Yanto Ondi dan pihak Yanto Eluay. Terkait dengan persoalan itu, minggu lalu, pihaknya sudah mengadakan pertemuan dengan kedua belah pihak yang difasilitasi oleh Polres Jayapura. Dan pada saat itu, kedua belah pihak sudah memberikan keputusan terkait penyelesaian pembayaran lahan tersebut.

“Nanti kita menunggu surat keputusan dari pihak Yanto Ondi mengetahui ondofolo Yanto Eluay,” bebernya.

Dia menjelaskan, ada dua ruas jalan yang sedang dikerjakan pada saat ini yaitu di jalur pintu masuk bandara dan juga ruas jalan  yang menembus jalan menuju Yabaso. Pekerjaan dua ruas jalan tersebut berupa pelebaran jalan.

Pemkan hanya akan membayar lahan yang digunakan untuk pelebaran jalan tersebut. Selain pembebasan lahan pemerintah juga membayar ganti rugi sejumlah pohon milik warga yang menetap di sekitar kawasan tersebut. Untuk pembayaran tanaman dan pohon sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Sementara untuk pembayaran lahan itu nanti akan disesuaikan dengan  ketetapan harga berdasarkan rekomendasi yang dilakukan oleh tim apprasial. Dan itu didasarkan pada kajian dan penilaian terhadap tanah tersebut. Sehingga setelah itu, pemerintah akan melakukan pembayaran berdasarkan kajian tersebut.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya kawasan sekitar Komplek Bandara Sentani khususnya di sekitar area jalan masuk akan dikosongkan dari bangunan, baik pemerintah maupun milik masyarakat. Tempat itu nantinya akan dijadikan kawasan hijau milik daerah gimana itu dilakukan dalam rangka penataan kawasan kota Sentani  Kabupaten Jayapura. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *