RSUD Karubaga Buka Pelayan di Igari

RUMAH SAKIT: Sekda Tolikara, Anton Warkawani, SE., didampingi Direktur RSUD Karubaga, dr. Delwien Ester Jacop bersama jajarannya saat meninjau RSUD Karubaga di Igari, Senin (2/12).

KARUBAGA-Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karubaga, dr. Delwien Ester Jacop bersama jajarannya resmi memulai pelayanan kesehatan di kawasan RSUD Karubaga yang baru dibangun di Igari.

Pelayanan perdana yang dimulai Senin (2/12) kemarin, dipantau langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Tolikara Anton Warkawani, SE., yang melihat langsung kesiapan RSUD Karubaga di Igari memulai pelayanan.

Sekda Anton Warkawani juga melihat langsung sejumlah ruangan seperti UGD, ruang apotik, ruang rontgent, ruang bersalin dan beberapa ruangan lainnya.

Sekda Anton Wakawani mengatakan, RSUD Karubaga sebelumnya membuka pelayanan kesehatan di Kogimagi yang berada di Karubaga, ibukota Kabupaten Tolikara. Namun pelayanan RSUD Karubaga dipindahkan di kawasan RSUD Karubaga yang baru  di Igari. Hal ini seiring dengan padatnya rumah-rumah penduduk di Karubaga.

“Pemerintah Tolikara membangun kawasan RSUD Karubaga di igari untuk meningkatkan mutu pelayanan yang aman dan nyaman,” jelas Sekda Anton Warkawani.

Sekda Anton Warkawani mengakui selama ini pasien sakit berat seringkali dirujuk ke RSUD Wamena dan Jayapura karena peralatan medis kurang.  Namun dengan dibagunnya RSUD yang baru oleh Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE, M.Si., yang sudah dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai. Apalagi beberapa tenaga dokter spesialis sudah siap melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan kondisi sakit berat maupun ringan.

“Setelah saya tinjau semua ruang pelayanan kesehatan, saya lihat peralatan medis sudah lengkap, dan tenaga dokter juga sudah lengkap,” tuturnya.

Menurutnya, program unggulan Bupati Tolikara Usman Wanimbo adalah kesehatan dengan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan 1000 hari pertama kehidupan. Termasuk pendidikan melalui program pendidikan gratis, sekolah berpola asrama, dan pembagunan asrama mahasiswa serta bantuan biaya studi bagi mahasiswa.

Pembagunan RSUD Karubaga di Igari ini, merupakan salah satu komitmen Bupati Usman Wanimbo untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Karena itu RSUD Karubaga ini salah satu rumah sakit lengkap dengan poliklinik umum dan memiliki 4 gedung utama.

Selain itu, kawasannya terluas sehingga bisa mengembangkan pembagunan pemanfaatan kepentingan kesehatan lain.

Sementara itu Direktur RSUD Karubaga, dr. Delwin Ester Jacop mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. “Karena atas kemurahannya kami telah memiliki kawasan RSUD yang baru di Igari. Kami juga memberikan penghargaan tinggi kepada Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, karena telah membagun kawasan RSUD Karubaga di Igari dengan dilengkapi dengan peralatan medis dan tenaga dokter,” tuturnya.

Menurutnya, walaupun masih ada beberapa kekurangan namun semua itu akan dilengkapi sesuai kebutuhan. Dirinya berharap semua warga Tolikara bisa menjaga RSUD Karubaga ini bersama-sama sehinga pelayanan kesehatan bisa terlayani dengan aman dan nyaman serta selamat.

Sebelum membuka pelayanan kesehatan RSUD Karubaga di Igari, Direktur RSUD Karubaga, dr. Delwien Ester Jacop dan jajarannya bersama para Hamba Tuhan Gereja GIDI Ebenhaezar Karubaga  dan Gereja GIDI Nanggulime menggelar ibadah syukur atas pembukaan pelayanan kesehatan di Igari.  Ibadah tersebut digelar di ruang UGD, Minggu (1/12).

Pendeta Teodorus dalam khotbahnya menyatakan membuka pelayanan kesehatan di RSUD Karubaga di Igari didalam nama Allah Bapa, dan putra tunggal Yesus Kristus, serta didalam persekutuan Roh Allah. Sehingga setiap orang yang datang berobat di RSUD Karubaga dijamah dengan kuasa Allah dan disembuhkan. “RSUD Karubaga di igari ini menjadi tempat orang hidup,” tutupnya.(Diskominfo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *