Pengamanan di Pegunungan Tengah Ditingkatkan

KSB dan TNI Kontak Tembak di Mugi

JAYAPURA- Kontak tembak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KSB) dengan anggota terjadi di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Jumat (29/11) sekira pukul 09.00 WIT.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kol Cpl Eko Daryanto saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos membenarkan insiden tersebut. Pasca kontak tembak anggota di lapangan melakukan pengejaran untuk memastikan pelaku dari kelompok mana.

Eko menuturkan, kontak tembak terjadi saat anggota sedang melakukan pengamanan yang akan menjadi lokasi pendaratan helikopter yang sedang membawa logistik dari Kabupaten Mimika ke Distrik Mugi.

“Saat sedang melakukan pengamanan, anggota melihat ada  KSB yang melintas sehingga terjadilah kontak tembak. Akibat kontak tembak tersebut menyebabkan helikopter tidak jadi mendarat dan kembali ke lokasi awal di Mimika,” terang Eko melalui telepon selulernya, Jumat (29/11).

Saat kontak tembak menurut Eko, helikopter yang membawa logistik sedang dalam perjalanan. Kodam sendiri masih mendalami terkait kontak tembak tersebut termasuk menunggu kronologis secara pasti di lapangan.

“Kami belum tahu informasi adanya korban jiwa dalam aksi kontak tembak tersebut. Kita lagi menunggu informasi dan kita cek di lapangan,” kata Eko saat disinggung apakah ada korban jiwa dalam kontak tembak tersebut.

Pasca aksi kontak tembak serta mengantisipasi 1 Desember, Kodam meningkatkan kewaspadaan. Peningkatan pengamanan, kesiap-siagaan serta menekankan kepada seluruh jajaran dengan  melaksanakan protap-protap di lapangan.

“Patroli maupun siaga kita tingkatkan dalam rangka mengantisipasi 1 Desember agar tidak terjadi kerugian ataupun aksi-aksi yang dapat menimbulkan kondisi menganggu keamanan dan ketertiban di Papua. Apalagi  kita akan menyongsong perayaan Natal  dan Tahun Baru,” terangnya.

Eko mengatakan, pasca kontak tembak di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga. Kodam meningkatkan pengamanan di wilayah Pegunungan Tengah Papua. Mengingat di daerah tersebut memiliki KSB.

“Patroli dan kesiap-siagaan ditingkatkan di Mugi. Namun kami tidak mengabaikan wilayah lain yang kemungkinan akan menjadi tempat atau sasaran rencana aksi dari KSB yang akan berusaha menganggu stabilitas keamanan di papua,” ujarnya.

Adapun situasi di wilayah pegunungan tengah Papua pasca kontak tembak di Distril Mugi menruut Eko kondusif. Pihaknya sementara mendalami aksi kontak tembak tersebut. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *