Komnas HAM: Jangan Sampai Ada Korban Apapun Alasannya

Frits Ramandey (Elfira/Cepos)

Sementara itu, Kepala Komnas HAM RI Perwakilan Papua Frits Ramandey berharap memasuki Natal dan 1 Desember jangan sampai ada korban apapun itu alasannya. Semua kegiatan  yang mengakibatkan hilangnya rasa aman, hilangnya hak hidup dalam prinsip HAM haruslah ditolak.

Menurut Frits, Polisi punya kewajiban secara konstitusional menjaga Kamtibmas. Dimana penjagaan Kamtibmas harus berangkat dari kepentingan publik. Artinya pelayanan publik tidak boleh terganggu.

“Tugas negara yang diwakili polisi adalah memastikan bahwa setiap hari, Kamtibmas terjamin. Karena itu diperintahkan oleh UU. Dia (Polisi-red) harus  melakukan segala hal dan segala cara yang terukur berdasarkan UU untuk memastikan Kamtibmas terselenggara dengan baik,” kata Frits.

Dikatakan, kelompok-kelompok yang hendak melakukan kegiatan yang bertentnangan dengan kepentingan publik dan UU harus tunduk kepada aturan perundangan yang berlaku.

“Siapapun dia  yang mau melakukan kegiatan haruslah memastikan kegiatan itu tidak mengakibatkan hilangnya hak atas rasa aman, tapi juga jangan sampai hilangnya HAM orang lain. Ingat memperjuangkan HAM jangan  menabrak HAM orang lain,” tegasnya.

Komnas HAM juga memberi apresiasi atas kunjungan Kapolri dan Panglima ke Papua selama beberapa hari ini. Ini artinya kata Frits, kedatangan mereka ada perhatian penting untuk  memastikan pasca konflik yang cukup berkepanjangan di Papua dan Papua Barat. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *