FMTB Dukung Pembentukan DOB Tabi-Saireri

Forum  Masyarakat Tabi Bangkit ketika  menyampaikan kesepakatan dukungan   terhadap pembentukan Provinisi  Papua Tabi -Saireri di Puspenka Hawai, Jumat (29/11). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Kesepakatan yang telah diputuskan bersama oleh Asosiasi Kepala Daerah  se-Tanah Tabi dengan Asosiasi Kepala Daerah Saireri pada 27 November lalu terkait pembentukan daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Tabi Saireri, didukung penuh oleh Forum Masyarakat Tabi Bangkit (FMTB).

Ketua Forum Masyarakat Tabi Bangkit, Pdt. Albert Yoku mengatakan, pertemuan itu dilakukan sebagai upaya tindak lanjut atau menterjemahkan hasil kesepakatan Asosiasi Kepala Daerah Tabi dan Asosiasi Kepala Daerah Saireri, terkait kesepakatan pembentukan DOB baru Papua Tabi-Saireri.

“Kami tadi berkumpul sekitar 68 orang yang terdiri dari tokoh agama, adat,  perempuan, pemuda, tokoh intelektual  dan para pengusaha Tabi, untuk memberi dukungan terhadap kesepakatan itu bahwa Forum Masyarakat Tabi Bangkit mendukung apa yang sudah disepakati oleh Pemkab se-Tanah Tabi dan Saireri,” kata Pdt Albert Yoku kepada koran ini kemarin.

Dia menjelaskan, setidaknya ada beberapa pertimbangan sehingga asosiasi kepala daerah dari dua daerah ini sepakat membentuk satu daerah otonomi baru yakni berkaitan dengan pertimbangan letak geografis dan budaya yang saling berdekatan antara Tabi dan Saireri.

Kemudian pertimbangan berikut berkaitan dengan  persyaratan sebuah  wilayah untuk membentuk satu provinsi. “Kalau Tabi mau sendiri itu tidak mungkin karena dia hanya punya empat kabupaten,” katanya.

Menurutnya, apabila pemekaran provinsi ini dilakukan maka pelayanan pemerintahan dan penanganan pemerintahan akan lebih fokus baik program maupun percepatan pembangunan dari pemerintah itu sendiri.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *