1 Desember Tetap Beraktivitas Seperti Biasa

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. AM  Kamal

Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Papua pastikan situasi di 29 Kabupaten/Kota di Papua kondusif menjelang 1 Desember. Diharapkan situasi ini bertahan hingga menjelang tahun baru 2020.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal juga mengingatkan kepada warga masyarakat untuk tetap beraktivitas sebagaimana biasanya. Pihak Kepolisian sendiri terus melakukan kegiatan-kegiatan preentif.

Sebagaimana 1 Desember yang oleh sebagian masyarakat Papua memperingatinya sebagai Hari Organisasi Papua Merdeka, maka indikasi gangguan  Kamtibmas menurut Kamal ada dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), terkait selebaran yang dibagikan oleh kelompok-kelompok  tertentu dan provokasi.

Untuk mengantisipasi semua itu, pihak Kepolisian kata Kamal sudah melakukan kegiatan Kepolisian baik dengan cara memberikan  penguatan terhadap masyarakat untuk tetap  waspada dan melakukan komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat untuk terciptanya situasi aman dan damai.

“Penguatan-peguatan yang kami berikan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi, namun demikian masyarakat juga tetap waspada dimana setiap informasi yang didapatkannya perlu dikaji,” ucap Kamal kepada Cenderawasih Pos, melalui telepon selulernya, Jumat (29/11).

Kapolda sendiri lanjut Kamal, sudah mengingatkan seluruh Polres Jajaran untuk tetap waspada dengan aktivitas masyarakat  saat Natal hingga menjelang perayaan Tahun Baru 2020.

Terkait dengan pengamanan menurut Kamal, tidak ada pengamanan khusus saat 1 Desember. Dimana pengamanan yang dilakukan bagian dari rangkaian pengamanan sebelumnya. Hanya saja, anggota akan melakukan pengamanan Natal dan hingga tahun bari dengan melibatkan personel di seluruh Polres Jajaran dan personel Polda Papua serta BKO Brimob. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *