Kodam Tingkatkan Kesiapsiagaan Jelang 1 Desember

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kol Cpl Eko Daryanto

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kol Cpl Eko Daryanto mengatakan pengamanan antisipasi 1 Desember telah dilakukan jauh hari sebelumnya. Bahkan, Kodam sendiri mulai meningkatkan kesiapsiagaan serta meningkatkan  kewaspadaan diseluruh jajaran satuan yang tergelar baik yang organik maupun penugasan.

“Secara persuasif kami lakukan pendekatan kepada tokoh-tokoh masyarakat, adat, agama serta pemuda gereja yang ada diseluruh satuan Kodam,” kata Eko melalui telfon selulernya.

Hal itu dilakukan agar terjalin hubungan komunikasi yang baik dalam menjaga dan memelihara perdamaian dan keamanan situasi di tanah Papua dalam rangka menyambut perayaan natal dan tahun baru termasuk 1 Desember.

Terkait dengan inidikasi gangguan 1 Desember, Eko mengaku pihaknya sudah prediksi dan bisa saja terjadi. Namun Kodam sendiri sudah melalukan meping dan pemantauan sejauh mana aksi aksi dari pihak yang akan membuat aksi pada 1 Desember.

“Untuk mengantisipasi gangguan, Kodam sendiri meningkatkan kewaspadaan, patroli, razia di tiitik-titik yang dianggap rawan ataupun kemungkinan menjadi tempat kumpul mereka untuk melakukan aksi-aksi,” jelasnya.

Disinggung soal jumlah pasukan pengamanan untuk 1 Desember, Eko menyebutkan tidak ada penebalan secara khusus. Namun  penekanan kepada satuan yang tergelar untuk meningkatkan kewaspadaan serta tidak melaksanakan tugas secara rutinitas. Melainkan perhatikan pada SOP ketentuan di lapangan.

“Anggota sudah kami ingatkan untuk mengantisipasi hal-hal sekecil apapun yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban maupun ancaman dari  kelompok-kelompok yang akan menganggu kedamaian dan keamanan khususnya menjelang 1 Desember,” ungkapnya.

Kodam juga akan membackup penegakan hukum yang akan dilakukan oleh Polda Papua, dimana akan mengedepankan penegakan hukum. ((fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *