Tipe RS Lanud Manuhua Bakal Ditingkatkan

Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Kadiskesau) Marsma TNI Dr. dr. Isdwiranto, M. Sc., Sp. BS. (K), Sp. KP ketika memimpin monitoring dan evaluasi (Monev) RS Lanud Manuhua Biak, kemarin. (Fiktor/Cepos)

Kadis Kesehatan : Kami Siap Mendampingi Hingga Izin Operasional Terbit

BIAK-Peningkatan status Rumah Sakit (RS)  TNI AU milik Lanud Manuhua dinilai sangat penting menjadi perhatian serius, sehingga dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal kedepan. Peningkatan tipe RS Lanud Manuhua dinilai sangat penting dengan tujuan dapat memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor dr. Daisy CH Urbinas mengatakan, peningkatan pelayanan kesehatan di RS Lanud Manuhua sangat penting, khususnya lagi dalam hal peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Karenanya, ia menyatakan bahwa pemerintah daerah siap memberikan pendampingan dan mendukung segera terbitnya izin operasional.

  “Dalam visitasi tahap I dan II untuk melihat sejauh mana kesiapan sarana dan prasarana RS Lanud Manuhua,  kami akan selalu melakukan pendampingan sampai tahap layak. Saya kira peningkatan status rumah sakit ini memang perlu menjadi perhatian serius,” ujarnya dalam acara monitoring dan evaluasi (Monev) RS Tingkat IV Lanud Manuhua, kemarin.

  Dikatakan, pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan di RS Lanud didasari beberapa pertimbangan, antara lain pertimbangan daya tampung pasien, letak strategis RS yang berada di pusat kota Biak  juga dinilai akan menjadi pilihan utama pasien untuk berobat dan sejumlah pertimbangan lainnya.

   Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Kadiskesau) Marsma TNI Dr. dr. Isdwiranto, M. Sc., Sp. BS. (K), Sp. KP yang memimpin  langsung Monev itu mengatakan, selain bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, upaya peningkatan tipe RS Lanud Manuhua juga dimaksudkan dalam mendukung Koopsau III, Kogabwilhan III, Kosek IV, Lanud Manuhua, Satrad 242 Tanjung Warari, Batalyon Paskhas 468 serta satuan TNI lainnya.

  “Rumah Sakit ini masih berstatus klinik dan belum memiliki izin operasional, oleh karena itu kami minta sinergitas antara Diskesau, Dinkes, BPJS, RSUD Biak dengan maksud mendukung upaya-upaya pengembangan dan kemajuan RS Lanud Manuhua,” papar jenderal dengan pangkat bintang satu itu .

  Dikatakan, perjalanan RS tingkat IV Lanud Manuhua sebagai klinik pratama melaksanakan tugas dukungan operasi dan memberikan pelayanan kesehatan kepada TNI dan masyarakat belum memiliki ijin operasional. “Kalau ijin operasional belum dimiliki maka BPJS tidak bisa membantu, karenanya memang perlu peningkatan tipe,” pungkasnya.

  Hal yang hampir sama dikatakan oleh Danlanud Manuhua  Marsma TNI Daan Sulfi, bahwa untuk peningkatan pelayanan, peran dan fungsi dari RS Lanud Manuhua maka penting dilakukan peningkatan status. “Peningkatan status rumah sakit ini sangat penting, dengan maksud dukungan dalam memberikan pelayanan kepada TNI dan keluarganya, termasuk masyarakat umum lebih baik lagi kedepannya,” kata Danlanud dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kadisops Kol Pnb.Abram Tumanduk di kegiatan Monev itu.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *