Program Sagu Masuk Sekolah Terus Disosialisasikan

Perwakilan dari Kabupaten Jayapura saat menanam sagu dalam kegiatan sagu masuk sekolah di Kehiran  Sentani, Kamis (21/11). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Klub pencinta alam Hirosi terus melakukan sosialisasi terhadap program sagu masuk sekolah.

Ketua Klub Pencinta Alam Hirosi  di Provinsi Papua, Marsel Suebu mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan bertepatan dengan peringatan pohon sedunia. Kegiatan itu diselenggarakan di Dusun Sagu Homfolo,  Kampung Awai Kehiran, Kamis (21/11).

Kegiatan tersebut melibatkan Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kehutanan Provinsi Papua bekerjasama dengan Pemkab Jayapura. Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penanaman pohon di Kehiran Sentani.

“Kita diberi ruang oleh UU Otsus di mana ada materi pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional bisa diadopsi melalui keunggulan atau kearifan lokal,” kata Marsel Suebu kepada wartawan usai melaksanakan kegiatan tersebut.

Dalam rangka memperingati hari pohon sedunia itu, pihaknya memberikan perhatian kepada keberadaan sagu yang ada di Papua.

Menurutnya, kampanye untuk memanfaatkan produk lokal seperti sagu ini tidak saja dilakukan di kalangan masyarakat dewasa, tetapi juga yang terpenting adalah harus dimulai dari kalangan anak usia dini selaku generasi penerus bangsa.” Dia harus mulai dari tingkat pendidikan yang paling dasar yaitu TK PAUD,”bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jap Ormuserai mengatakan, Pemprov Papua melalui Dinas Kehutanan mendukung penuh program penanaman pohon di seluruh Papua, karena  ini sesuai visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.

Dikatakan, penanaman pohon sagu ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ini menjadi komitmen dalam bentuk wujud dan kegiatan seluruh jajaran Kehutanan dan juga OPD pendukung.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *