Polisi Akan Tindak Tegas Bagi Penghambat Pembangunan Ruas Jalan Bandara

Kondisi jalan masuk Bandara Sentani yang saat ini sedang digenjot oleh Dinas PU Kabupaten Jayapura. Foto ini diambil, Rabu (13/11). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Kapolres Jayapura melalui Kapolsek Sentani Kota AKP Lintong Simanjuntak menegaskan, pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu atau menghambat proses pembangunan ruas jalan menuju bandara Sentani yang sementara ini sedang dikerjakan.

“Kami akan lakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku,” kata Lintong Simanjuntak kepada wartawan di Sentani, Rabu (20/11).

Dia mengakui, proses pekerjaan ruas jalan bandara memang sempat menemui kendala karena adanya rencana aksi pemalangan yang dilakukan oleh pihak yang mengklaim sebagai pemilik lahan di sekitar kawasan tersebut. Setidaknya ada dua kelompok masyarakat yang saling mengklaim kepemilikan lahan di sekitar kawasan itu sehingga berpotensi menghambat proses pekerjaan peningkatan ruas jalan menuju Bandara Sentani itu.

“Ada dari ondoafi Yanto Eluay dan juga dari marga Ondi,” jelasnya.

Sehubungan dengan hal itu, kedua belah pihak tersebut sudah diundang  pihak Pemerintah Kabupaten Jayapura, pihak pertanahan dan  pihak kepolisian untuk mencari solusi terkait persoalan lahan di sekitar kawasan Bandara Sentani itu. Menurut AKP Lintong, pertemuan itu sudah dilakukan di Polres Jayapura.  Pertemuan itu berlangsung alot, karena kedua belah pihak saling mengklaim kepemilikan lahan tersebut. Namun pada akhirnya sepakat untuk menyelesaikan persoalan tersebut di satu sisi mereka berjanji tidak mengganggu pekerjaan peningkatan ruas jalan menuju bandara.

“Kedua belah pihak saling klaim kepemilikan lahan. Dari suku Ondi mengatakan bahwa itu milik Ondi, dari Ondoafi Yanto Eluay  mengatakan bahwa itu masuk wilayah kekuasaanya,”bebernya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *