Ratna Nelli Rianti Kembali Pimpin DPP INI Papua

BUKA ACARA- Asisten Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Setda Provinsi Papua, Dr. Muhammad Musaad, M.Si, bersama pengurus DPP INI Provinsi Papua dan para pejabat lainnya saat membuka kegiatan Konferensi Ikatan Notaris Indonesia Wilayah Papua di Hotel Suni Garden Lake Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (16/11). (Yewen/Cepos)

SENTANI-Ratna Nelli Rianti, SH, kembali lagi dipilih yang kedua kalinya untuk memimpin Ikatan Notaris Indonesia (INI) Wilayah Papua periode 2019-2022 melalui Konferensi Ikatan Notaris Indonesia wilayah Papua di Hotel Suni Garden Lake Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (16/11).

Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Papua, Dr. Muhammad Musaad, M.Si, mengungkapkan, notoris sendiri adalah mitra pemerintah. Oleh karena itu, dalam momentum konferensi ini, ada pembenahan dan peningkatan profesionalisme serta membangun komunikasi yang intens dengan pemerintah.

“Tugas dari teman-teman notaris dan pemerintah itu sama, yaitu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kita berharap kolaborasi antara notaris dan pemerintah akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Musaad mengatakan sejauh ini masyarakat belum mengetahui tentang apa tugas, peran, tanggung jawab dan fungsi dari notaris. Oleh karena itu, pihaknya berharap kedepan perlu ada sosialisasi yang lebih masif kepada masyarakat, sehingga bisa mengetahui tentang tugas dan peran notaris.

“Sosialisasi tentang peran dan tugas notaris penting kepada masyarakat, sehingga semakin banyak masyarakat kita yang melek atau mengerti tentang fungsi dari notaris,” ucapnya.

Musaad menyatakan, saat ini perekonomian di Papua sudah mengarah kepada konstruksi dan jasa. Oleh karena itu, pihaknya dari pemerintah berharap agar ikatan notaris mengkoordinasikan semua notaris yang ada, untuk mengambil peran lebih dalam membantu masyarakat di Papua yang terus mengalami perkembangan, terutama yang bergerak di bidang perekonomian.

Sementara itu, Ketua terpilih Ratna Nelli Rianti, SH berharap kepada seluruh anggota notaris, agar dalam menjalankan jabatannya tetap berdasar dan berpegang teguh kepada UU Notaris dan kode etik serta peraturan yang mengatur mengenai tata cara kerja notaris.

“Ini supaya dapat meminimalisir persoalan-persoalan yang timbul di kemudian hari mengenai pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh notaris. Tentu hal inilah yang kami tidak harapkan,” harapnya.

Ratna menyatakan, pendampingan kepada anggota dan memberikan ilmu, sehingga anggota semakin paham dan berkomitmen penuh dalam menjalankan jabatannya sesuai aturan yang berlaku. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *