Kans Persipura dalam Perburuan Gelar Juara

Pemain Persipura Jayapura saat mengikuti latihan di Stadion Mandala Jayapura beberapa waktu lalu. (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Kompetisi Shopee Liga 1 2019 tinggal menyisahkan 8 partai. Calon juara pun kini mulai dapat diprediksi. Namun melihat performa seluruh kontestan tim saat ini, ada beberapa tim yang memiliki kans besar untuk menyabet gelar juara, namun yang memiliki peluang besar tentunya sang pemuncak klasemen sementara Bali United yang telah mengemas 57 poin dari 26 pertandingan.

Calon lainnya ada Persipura Jayapura yang ada diposisi kedua dengan 44 poin dari 26 pertandingan, dan Madura United diposisi ketiga yang juga mengemas poin 44 dari total 27 pertandingan. Serta Boneo FC di posisi keempat dengan 42 poin dari 17 pertandingan.

Namun tim Serdadu Tridatu Jalak Bali julukan Bali United yang paling diunggulkan bisa mengunci gelar juara, pasalnya hingga saat ini Bali United masih unggul 13 poin dari Mutiara Hitam julukan Persipura Jayapura yang ada di posisi kedua. Tapi sabar dulu, dengan menyisahkan 8 partai, artinya masih ada 24 poin yang akan diperebutkan, sehingga segala sesuatu pun bisa terjadi.

Melihat peluang Persipura Jayapura sendiri, dengan tren baik yang ditorehkan oleh sang pelatih kepala Jacksen Tiago, bukan tidak mungkin mereka bisa mengejar Bali United, sambil berharap tim asal Bali itu juga terpeleset di laga kedepan lainnya.

  Apalagi melihat delapan pertandingan yang akan dilakoni kedua tim, Persipura masih memiliki satu kesempatan untuk bisa mengenhentikan Bali United saat bersua di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali, 8 Desember 2019 mendatang. Namun secara realistis, Bali United saat ini memang paling dijagokan untuk mengangkat tropy juara. Sebab, Bali United yang unggul 13 poin dari sang runner up hanya butuh empat kemenangan atau 12 poin dari delapan pertandingan untuk keluar sebagai kampium juara.

Pelatih Persipura asal Brasil  Jecksen F Tiago itu menyadari bahwa bukan perkara mudah untuk bisa mengejar Bali United dalam perburuan gelar juara yang kini unggul begitu jauh, sementara pertandingan pun kini hanya menyisahkan 8 pertandingan.

  “ Bali United melakukan star yang sangat jauh, sehingga tentu kita butuh tenaga ekstra untuk bisa mengejar Bali United di atas kita,” ungkap Jacksen Tiago kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Jumat (15/11) siang kemarin.

  Pelatih berusia 51 tahun itu juga menuturkan, timnya saat ini hanya berusaha untuk tetap konsisten, sehingga bisa memperlebar jarak dengan para pesaingnya yang ada dibawah mereka. Pasalnya Jacksen pun juga merasa puas andaikan mereka nantinya bisa finish pada urutan kedua.

“Tidak ada seorang pun yang bisa bayangkan kami Persipura bisa di posisi saat ini, sehingga kami akan tetap nikmati semua pertadingan agar bisa terus mengumpulkan  poin sambil menempel Bali United,” ujarnya.

Lagipula, pria yang sudah memberikan tiga gelar juara bagi Persipura itu terbilang telah melampau target yang diembankan manajemen untuk bisa membawa Persipura finish pada 10 besar.

“Kita hanya fokus untuk pertahankan posisi saat ini, dan bisa kembali tampil di Asia, untuk mengembalikan kejayaan Persipura seperti dulu,” jelasnya.

Andaikan nantinya Persipura memang hanya mampu menjadi runner up, tentu capaian tersebut patut diapresiasi oleh seluruh publik Persipura. Pasalnya saat Jacksen kembali dipercayakan menukangi Boaz Solossa dan kawan-kawan disaat tim kebanggan masyarakat Papua itu tak kunjung meraih kemenangan dalam 7 pertandingan.

Bahkan saat itu Persipura sempat menghuni zona degradasi. Namun pengalaman Jacksen bersama Persipura, dimana 50 persen pemain Mutiara Hitam saat ini masih merupakan mantan anak asuhnya, sehingga hal itu pula yang memudahkan pelatih ini sangat mudah nyetel dalam timnya.

  Kemenangan demi kemenangan berhasil dipersembahkan oleh Jacksen, hingga kini berhasil nangkring pada posisi kedua. Bahkan beberapa kemenangan mereka torehkan ketika menjadi tim ‘musafir’ pasca markasnya Stadion Mandala Jayapura direnovasi jelang PON XX 2020 di Papua. (eri).

8 Pertandingan Persipura (57)

PSM Makassar vs Persipura Jayapura

Persipura Jayapura vs Persebaya Surabaya

Perija Jakarta vs Persipura Jayapura

Perisipura Jayapura vs PSIS Semarang

Bali United vs Persipura Jayapura

Kalteng Putra vs Persipura Jayapura

Persipura Jayapura vs Barito Putera

Persipura Jayapura vs Borneo FC

8 Pertandingan Bali United (44)

PSIS Semarang vs Bali United

PSM Makassar vs Bali United

Bali United vs Persib Bandung

Semen Padang vs Bali United

Bali United vs Persipura Jayapura

Bali United vs PS Tira

Arema FC vs Bali United

Madura United vs Bali United

7 Pertandingan Madura United (44)

Madura United vs Bhayangkara FC

Perseru Badak vs Madura United

Madura United vs Persebaya Surabaya

Kalteng Putra vs Madura United

Persija Jakarta vs Madura United

PSIS Semarang vs Madura United

Bali United vs Madura United

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *