163 Atlet Papua Siap Tampil di 13 Cabor

Ketua pengapsahan kontingen atlet Popnas Papua, Izak Haurisa (ERIK / CEPOS)

JAYAPURA – Sebanyak 163 atlet Papua dinyatakan lolos verifikasi dan siap tampil pada 13 cabang olahraga pergelaran Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV Jakarta 2019, yang akan berlangsung pada 16-25 November mendatang.

Ketua pengapsahan kontingen atlet Popnas Papua, Izak Haurisa, mengatakan, awalnya Papua telah menyiapkan 165 atlet yang akan mentas Popnas, namun dua atlet dari cabang olahraga Taekwondo mengundurkan diri dan batal terbang ke Jakarta.

“Mulai dari tanggal 12 sampai dengan tanggal 15 November, yang lolos verifikasi atau datanya sah sekitar 163 atlet Papua yang siap turun di 13 cabang olahraga, sehingga kami harapkan dengan keputusan ini para pelatih bisa lebih fokus dalam menyiapkan atletnya,” ungkap Izak kepada awak media saat memberikan keterangannya di Hotel D’Arcici Jakarta, Jumat (15/11) siang kemarin.

Pria yang merupakan pegawai Disorda Papua itu juga mengharapkan, para atlet yang telah menjalani TC selama berbulan-bulan bisa memberikan prestasi serta melampaui capain Papua di Popnas sebelumnya.

“Tentu setelah mengikuti TC di Papua kita harapkan mereka bisa meraih prestasi gemilang, dan bisa mengikuti capaian atlet Peparpenas yang mampu finish pada peringkat tiga. Apalagi persiapan atlet kita saat ini cukup siap dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga kami pun juga optimis mereka bisa memberikan yang terbaik bagi Papua,” ujarnya.

Dijelaskan, bahwa untuk seremoni pembukaan akan digelar besok, Minggu (17/11) di Galanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, dengan melibatkan tarian-tarian adat Papua serta lagu daerah Tanah Papua.

“Selain itu, kontingen Papua juga diberikan jatah bagi setiap cabor untuk mengikuti upacara pembukaan. Namun, Sabtu (16/11) di Bandung, Jawa Barat, akan digelar pertadingan pertama untuk cabang olahraga Tarung Derajat. Kemudian dihari kedua pertandingan Bola Voli Pasir dan Karate di Jakarta, dan disusul oleh cabang olahraga lainnya,” jelasnya.

Diketahui, 13 cabang olahraga yang akan dipertandingkan diantaranya, cabang olahraga Atletik, Angkat Besi, Bulutangkis, Bola Voli Pasir, Dayung, Judo, Karate, Panahan, Pencak Silat, Renang, Sepak Takraw (putra), Taekwondo, Tarung Derajat. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *