Yahya: Di Kabupaten Puncak Jaya Dipastikan Tidak Ada Kampung Siluman

Yahya Wonorengga, SIP., (Priyadi/Cepos)

Penyaluran DD dioptimalkan untuk 4 bidang prioritas di kampung

JAYAPURA-Kepala Dinas Pemberdayaan Maasyaraka dan Kampung (DPMK) Kabupaten Puncak Jaya Yahya Wonorengga, SIP.,mengungkapkan dipastikan untuk kampung di Puncak Jaya tidak ada namanya kampung siluman karena ini sudah berdsarkan data kampung resmi dari pusat dan daerah sampai saat ini masih sebanyak 302 kampung dengan 27 Distrik. Sehingga dalam penyaluran Dana Desa (kampung) oleh pemerintah pusat tidak perlu dikhawatirkan, karena ini sudah bisa dipertanggung jawabkan dengan baik.

“Di Kabupaten Puncak Jaya ada 302 kampung, ini semua terdata dari pusat dan daerah, jadi tidak ada kampung siluman, apalagi selama ini dalam penyaluran dana desa berjalan dengan baik termasuk pelaporannya,’’ungkapnya Yahya kepada wartawan, sata ditemui dalam studi banding di BKPP Kota Jayapura.

Dijelaskan, setiap Dana Desa yang disalurkan Pemerintah pusat tetap selalu diawasi DPMK Kabupaten Puncak Jaya dan pemberian Dana Desa (Kampung) di seluruh Indonesia program Presiden RI Ir.H. Joko Widodo, sangat disambut baik masyarakat terlebih Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya. Karena melalui Dana Desa bisa membantu masyarakat kampung dalam mempercapat dibidang pembangunan, bidang infrastruktur, bidang pemerintahan dan pemberdayaan, yang setiap tahun dilaksanakan.

“Setiap kampung dalam setiap tahunnya memperoleh Dana Desa sekira Rp 800 juta per kampung,’’ujaranya.

Diakui, dalam melaksanakan program tersebut pemerintah kampung tetap bersinergi dengan OPD dilingkungan Pemkab Puncak Jaya, supaya tidak ada kegiatan yang tumpeng tindih.

Dan hasil evaluasi dalam penggunaan dana kampung selama ini berjalan dengan baik, masyarakat di kampung sudah semakin sejahtera, mereka mendapatkan uang dengan cuma-cuma dan ini salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat di sana.

Dijelaskan, untuk pembuatan laporan penggunaan dana itu, selama ini tidak masalah karena pemerintahan kampung dibantu pendamping kampung terdiri dari pendamping desa, pendamping lokal kampung, pendamping distrik dan tenaga ahli, jika SPJ mau dilaporkan bisa dilakukan dengan baik.(dil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *