Sarana Bangun Watak dan Karakter Generasi Bangsa

Ketua Kwarda  Gerakan  Pramuka  Provinsi Papua Kristina L. Mano  saat melantik Majelis Pembimbing Cabang Pramuka 2601 Merauke di Auditorium Kantor Bupati Merauke, Sabtu (9/11).  (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Majelis Pembimbing Cabang dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka  2601 Merauke  periode 2019-2024 dilantik.    Pelantikan diawali  oleh Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) oleh Ketua  Kwarda Gerakan  Pramuka  Provinsi Papua Kristina L. Mano. Sebagai Kamabicab  adalah Drs Daniel Pauta.  Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Kwarcab  Pramuka 2601 Merauke  oleh Kamabicab. Sebagai Ketua Kwarcab Pramuka  Merauke  adalah  Vicky A. Imkotta, S.Sos.  Sekertaris   Daerah Kabupaten  Merauke, Drs Daniel Pauta sekaligus sebagai  Kamabicab  mengatakan, jika melihat ke belakang, organisasi ini  merupakan salah   satu yang  tidak terkontaminasi  oleh hal-hal yang bersifat politis.

‘’Saya berharap kita tetap menjunjung tinggi tekad  kita seperti itu,’’ harapnya. Dikatakan, jika   kembali ke tujuan  pramuka itu adalah melaksanakan pendidikan karakter, lalu menanamkan cinta bangsa dan tanah air serta menggali potensi  pada setiap diri anak bangsa. ‘’Saya yakin dan percaya, kita yang ada disini terutama pengurus cabang dan adik-adik semua mengikuti  berbagai program dan kegiatan  tentunya  tidak boleh  bertentangan dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi,’’ tandasnya.    

Ketua  Kwarda Gerakan  Pramuka  Provinsi Papua Kristina L. Mano mengatakan, dalam organisasi  Pramuka ini meskipun itu seorang pejabat, namun ketika berada dalam satu  gerakan pramuka  maka panggilannya  hanya kakak dan adik. ‘’Makanya   kalau kita dalam gerakan pramuka, meskipun sudah tua  tetap dipanggil kakak sehingga   kita  menjadi muda terus. Tapi itulah yang selalu  ditanamkan dan dijaga dalam gerakan pramuka,’’ katanya.

Menurut   Kristina L Mano, Kabupaten Merauke merupakan salah satu   daerah di Papua  yang  selama ini  tetap aman dan damai meski di  beberapa daerah lainnya juga di Papua  terjadi kerusuhan  seperti yang terjadi  belakangan ini.  “Saya mau tegaskan bahwa gerakan pramuka bukanlah  organisasi politik. Sehingga sampai sekarang gerakan pramuka dipercayakan bukan saja di Indonesia tapi seantero dunia. Karena di gerakan pramuka inilah watak dan karakter pemuda di tempa,’’ tandasnya.  (ulo/tho)    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *