Komitmen Kepala Daerah Maksimalkan Pelayanan Dukcapil

Dr. Ribka Haluk (Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Dalam kaitannya dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 11 kabupaten di Provinsi Papua pada 2020 mendatang, Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Papua, Dr. Ribka Haluk, menjelaskan bahwa pelayanan Dukcapil di kesebelas daerah tersebut sudah maksimal.

Namun, bupati pun harus memiliki komitmen juga untuk mendorong perekaman e-KTP bagi seluruh masyarakat di daerahnya masing-masing. Apalagi, perihal perekaman ini sudah terus didorong pemerintah tingkat provinsi terhadap pemerintah kabupaten/kota.

Menurut Haluk, jika kepala daerah tidak memiliki komitmen untuk mendorong perekaman e-KTP, maka pasti akan menemui kendala dalam pemilihan. Pasalnya, dasar dari pemungutan suara oleh masyarakat ialah e-KTP, sehingga kalau tidak maksimal dalam perekaman, maka Pilkada pun tidak maksimal.

“Dukcapil di tingkat kabupaten/kota sendiri selalu siap melayani kapan saja. Kerja kami sudah maksimal. Bahkan, kita tingkatkan pelayanan juga, dari pelayanan rutin di kantor Dukcapil hingga turun ke kampung-kampung untuk mendekatkan pelayanan bagi masyarakat,” jelas Ribka Haluk kepada Cenderawasih Pos, Rabu (6/11) kemarin.

“Dengan kata lain, kami sudah maksimal memberikan pelayanan bagi masyarakat, baik di kantor maupun secara mobile, dengan segala keterbatasan yang ada. Demilian, dalam pelayanan, kami Dukcapil tidak ada masalah. Sekarang tinggal komitmen kepala daerah saja,” tambahnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *