Wali Kota Terima Penghargaan Pelayanan Publik Sangat Baik dari Kemenpan RB

TERIMA PENGHARGAAN-Wali Kota Jayapura yang diwakili Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM., saat menerima penghargaan pelayanan publik tahun 2019 kategori "Sangat Baik" bagi Kepala Daerah yang diserahkan Menpan RB RI Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Selasa(5/11)kemarin.

JAYAPURA-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang dinilai sukses memberikan pelayanan publik secara baik ke masyarakat.

Untuk Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM, sendiri menerima penghargaan pelayanan publik dalam kategori sangat baik. Sementara  untuk OPD-nya, salah satunya yang menerima penghargaan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) sebagai role model penyelenggaraan pelayanan publik, kategori sangat baik tahun 2019. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo,di Jakarta, Selasa (5/11) kemarin.

Dalam penyerahan penghargaan pelayanan publik tahun 2019, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano diwakili Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM. Penyerahan penghargaan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura dan Kabag Ortal Setda Kota Jayapura.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan setiap tahun, dalam rangka mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan. Sekaligus Kemenpan RB akan menyampaikan hasil evaluasi pelayanan publik.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., mengatakan, penghargaan ini adalah sebagai bukti komitmen Wali Kota Jayapura dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Jayapura yang dilakukan secara terbuka, efektif, efisien, transparan dan totalitas. Melalui jajaran OPD di lingkungan Pemkot Jayapura.

Contohnya yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, yang dinilai sangat memuaskan, baik dalam pelayanan kepada masyarakat maupun dalam memberikan inovasi.

  “Penghargaan pelayanan publik yang diberikan Menpan RB kategori sangat baik, untuk Wali Kota Jayapura yang dalam komitmennya dalam memberikan layanan publik terus dilakukan secara maksimal,”ungkapnya.

 Dengan penghargaan ini, membuktikan bahwa Pemkot Jayapura dalam memberikan pelayanan publik tidak sekedar janji saja. Namun betul-betul dilaksanakan dengan maksimal. Sebagai bukti konkrit yaitu penghargaan pelayanan publik dari Kemenpan RB RI tahun 2019 untuk Dispendukcapil Kota Jayapura.

Rustan Saru juga berharap, OPD lain di lingkungan Pemkot Jayapura bisa terpacu. Terpicu ada semangat untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan publik. Karena ini sangat penting demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Jayapura.

 Sekedar diketahui, tolok ukur pemberian penghargaan pelayanan publik yng diberikan Menpan RB dilakukan melalui proses. Setelah tim Kemenpan RB melakukan evaluasi pelayanan publik tahun 2019 di kabupaten/kota serta 34 provinsi di Indonesia sejak beberapa bulan terakhir.

Di tingkat  kabupaten/kota adalah RSUD, DPMPTSP dan Disdukcapil. Penilaian meliputi layanan publik, operator pelayanan, serta pengguna layanan.

Di tempat terpisah Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dimana selama ia menjabat banyak inovasi, prestasi dan penghargaan yang diraihnya. Tentu ini hasil kerja keras dan kerja sama dari semua ASN di lingkungan Pemkot Jayapura termasuk dukungan dari masyarakat Kota Jayapura.

Wali Kota yang memiliki akronim nama  BTM ini berharap masyarakat dan ASN bisa terus memberikan dukungan dan motivasinya dalam membangun Kota Jayapura lebih baik lagi. Dalam upaya peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

 Diakuinya, masih banyak pekerjaan rumah yang terus dibenahi. Apalagi menjelang PON XX tahun 2020, dimana pihaknya berkomitmen menyukseskan event olahraga nasional tersebut.

Wali Kota Jayapura dalam mensukseskan ini juga tidak main-main, banyak venue PON dibangun di Kota Jayapura. Saat ini terus dilakukan pembangunan dan pihaknya siap mengawalnya sampai pembangunan ini selesai, kemudian bisa digunakan pada saat PON XX.

Wali Kota BTM juga mengajak masyarakat untuk bisa menyukseskan PON XX. Karena sebagai even nasional, tentunya dihadiri semua provinsi di Indonesia dan puluhan ribu orang datang. Untuk itu, harus ada persiapan yang matang. Baik melalui pelayanan publik yang ia berikan dalam smart city. Karena Kota Jayapura sudah menjadi kota di Indonesia yang diperhitungkan.

Bahkan sudah menjadi tolok ukur dan barometer di wilayah Timur Indonesia. Baik dalam sektor pendidikan, pelayanan publik dan role model lainnya.

 Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI yang tak henti-hentinya selama ini memberikan perhatian totalitas baik untuk pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat Papua khususnya di Kota Jayapura. Salah satunya pada tanggal 28 Oktober 2019, telah diresmikannya Jembatan Youtefa.

“Ini sebagai land mark Papua khususnya Kota Jayapura yang juga bisa dimanfaatkan lagi sebagai obyek pariwisata di Kota Jayapura maupun ikonnya Kota Jayapura,” pungkasnya.(dil/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *