Siapapun Ketua DPRP, Harus Bermitra dengan OAP

Ketua MRP, Thimotius Murib saat memberikan keterangan ke Cenderawasih Pos saat ditemui di Kantor MRP Kotaraja, Selasa (05/11). (Takim/Cepos)

JAYAPURA –Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) telah memiliki anggota baru periode 2019-2024. Namun hingga kini ketua DPRD defintif pun belum ada. Kondisi ini menimbulkan asumsi liar di sana-sini.

Menanggapi hal tersebut Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Thimotius Murib mengakui bahwa dalam aturan atau regulasi yang berlaku yakni anggota dewan yang memperoleh suara terbanyak itu adalah ketua defenitif DPRP. “Pada intinya tetapkan ketua defenitif itu sesuai aturan yang berlaku,”ujar Murib ke Cenderawasih Pos saat ditemui di Kantor MRP Kotaraja, Selasa (5/11) lalu.

Namun aspirasi dari akar rumput yakni Orang Asli Papua (OAP) berharap  baik itu Gubernur, Bupati/Walikota dan Ketua DPRD hingga DPRP itu harus OAP.

  “Siapapun yang menjadi ketua DPRP nantinya, saya berharap harus bisa bermitra dengan OAP khususnya MRP, meskipun aspirasi tersebut akan berlawanan dengan regulasi yang diberlakukan atas terpilihnya ketua defenitif tersebut,”jelasnya.

Baik itu Gubernur, DPRP dan MRP baginya memang seharusnya ketiga tungku besar ini harus duduk besama dan membicarakan nasip masyarakat Papua khususnya OAP.

Dengan keberadaan para pemimpin yang merupakan OAP akan tetapi OAP sendir masi menderita dan hal -hal lainya yang tidak berpihak kepad OAP tentu bagianya OAP akan tetap saja menjadi korban.

Pada intinya siapapun pemimpin di Papua selain bisa bermita yang paling utama itu adalah bisa mengakomodir hak-hak da kepentingan OAP sehingga akan terwujudnya kesejahteraan dan kemajuan di tanah Papua.(kim/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *