Pemda Harus Punya Solusi Untuk Masalah Guru, Bukan Menunggu

 Iwanggin Sabar Olif (Elfira/Cepos)

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Papua di Jayapura, Iwanggin Sabar Olif/ Takim/Cepos

JAYAPURA – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Papua di Jayapura, Iwanggin Sabar Olif meminta kepada kepala daerah untuk harus mempunyai solusi atas aktivitas pendidikan yang macet/tidak berjalan .

“Ketika terjadi persoalan yang membuat layanan publik tidak berjalan, kepala daerah dan OPD terkait dituntut untuk segara cari langkah-langkah yang konkrit, bukan berdiam diri,”ujar Olif saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui seluler, Rabu (06/11).

Lanjut Olif, apalagi ini menyangkut dunia pendidikan yang merupakan modal dasar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara ini, karena mencerdaskan anak bangsa itu tanggung jawab bersama.

Adapun beberapa daerah yang saat ini aktivitas pendidikannya tidak berjalan karena beberapa lain hal seperti Kabupaten Nduga dan Kabupaten Yalimo. ” Seperti di Nduga yang semua ( gru-gurunya) sudah di Wamena, nah pemerintah daerah harusnya mendorong guru-guru itu untuk mengajar ke sana bukan makan gaji buta saja, apalagi Bupati Wamena sangat welcome,”tegasnya.

Sama halnya juga di Kabupaten Yalimo,  ujar Sabar, Pemda harus punya solusi dengan melihat situasi tersebut, langkah apa yang terbaik bukan pasrah dengan persoalan atau keadaan yang saat ini terjadi.

” Untuk itu sangat penting sekali untuk mendengar apa keluhan rakyat, apa maunya rakyat sehingga terjadi persoalan seperti ini solusi itu akan mudah digapai, tapi kalo tidak tidak ya tetap begitu begitu saja,”paparnya.

Jika bisa menemukan solusi yang saling menguntungkan baik itu masyarakat maupun Pemdanya, itu baru pemerintahan yang berwibawa, pemerintahan yang baik dan yang paling utama siap mengakomodir kepentingan masyarakat .(Kim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *