Jelang Kunjungan Presiden, Kegiatan Patroli Ditingkatkan

Rombongan Mendagri Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat disambut Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Meyjen TNI Herman Asaribab di Bandara Mozes Kilangin, Timika, Jumat (25/10).

JAYAPURA- Jelang kunjungan Presiden Joko Widodo ke Papua yang direncanakan tiba, Senin (28/10) lusa,  kegiatan patroli dan razia Kepolisian ditingkatkan.

Khususnya di daerah yang akan dikunjungi Presiden seperti Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Jayawijaya.

Terkait dengan kegiatan patroli yang ditingkatkan, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal berharap masyarakat tidak merasa terganggu ketika para pengendara dihentikan di tengah jalan.

“Hal ini kami lakukan untuk meyakinkan dan memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat yang ada di Papua. Khususnya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Jayawijaya,” ucap Kamal kepada wartawan, Jumat (25/10).

Menjelang kunjungan Presiden, Kamal memastikan situasi Kamtibmas di Papua kondusif. Terutama di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayawijaya.

“Kehadiran orang nomor 1 di Indonesia itu diharapkan untuk memulihkan situasi dan kondisi masyarakat yang ada di Wamena,” ucap Kamal.

Disinggung  tentang pengamanan, Kamal menyebutkan ada pada Paspampres. Namun Polda Papua sendiri tetap terlibat dalam pengamanan diminta ataupun tanpa diminta. Sebab itu sudah menjadi tanggung jawab Polri.

 Sebelum kedatangan Presiden ke Papua. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Jumat (25/10) kemarin telah tiba di Timika.

Kamal mengatakan, kunjungan mantan Kapolri dan Panglima ke Papua sebelum kunjungan Presiden untuk memastikan keamanan Papua.

 Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw selaku pimpinan di wilayah Papua mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian untuk meninjau serta melihat secara langsung kondisi dan situasi dalam rangka menyambut kunjungan Presiden RI Joko Widodo.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab  mengatakan, kedatangan dirinya dan Kapolda ke Mimika untuk menyambut kedatangan Mendagri dan Panglima TNI serta nantinya akan ada kunjungan Presiden RI Joko Widodo.

“Saya bersama Kapolda ke Mimika untuk mendampingi Mendagri dan Panglima TNI yang datang duluan. Untuk melihat situasi dan kondisi dalam rangka menyambut kedatangan Presiden RI  para pejabat tinggi dari pusat,” jelas Pangdam.

Dikatakan, dirinya dan Kapolda bersama pemerintah daerah dan semua jajaran sudah siap menyambut kedatangan Presiden dan pejabat lainnya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *