Kemendagri Terbitkan  SKT untuk OMP

Suasana penyerahan dokumen SKT kepada perwakilan Organisasi Masyarakat Pancasila di Kantor Kesbangpol Kabupaten Jayapuraa, Jumat (25/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Untuk pertama kalinya Kementerian Dalam Negeri menerbitkannya Surat Keterangan Terdaftar (SKT) untuk Organisasi Masyarakat Pancasila (OMP) yang ada di Kabupaten Jayapura.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay, M.Si menjelaskan, sejak 2017 lalu, pemerintah telah mengeluarkan aturan baru bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) yang hendak mengurus izinnya. Di mana tidak lagi dikeluarkan oleh Badan Kesbangpol tapi langsung dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

” Ini sesuai dengan undang-undang Ormas baru yang selanjutnya berdasarkan Permendagri No 57 Tahun 2017 tentang syarat-syarat mengurus SKT Ormas,” kata Delila Giay kepada wartawan saat jumpa pers di Kantor Kesbangpol Kabupaten Jayapura, Jumat (25/10).

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada seluruh Ormas yang ada di Kabupaten Jayapura yang hingga saat ini masih memegang surat keterangan terdaftar yang sebelumnya dikeluarkan Kantor Kesbangpol Jayapura agar segera mengurus perpanjangan SKT.

“Untuk mendapatkan itu, semua Ormas tersebut harus memenuhi persyaratannya. Kemudian diusulkan ke pusat untuk mendapat SKT. Kami tidak lagi punya kewenangan untuk mengeluarkan SKT itu,” katanya.

Dia mengatakan, sampai saat ini lebih dari 200 Ormas yang masih memegang surat keterangan yang dikeluarkan dari Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura. Sebagian besarnya sudah memasuki masa akhir. Itu artinya Ormas yang bersangkutan harus mengurus SKT baru. Apabila tidak mengurus SKT, pemerintah memastikan akan membekukan aktivitas  Ormas tersebut.

“Kalau mau urus SKT baru dari Kementerian maka penuhi semua persyaratan lalu kita proses di Kesbangpol untuk selanjutnya dikirim ke Kemendagri,”jelasnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *