Intesitas Hujan Tinggi, Air PDAM Keruh

Entis sutisna (Robert Mboik cepos)

SENTANI-Sudah seminggu belakangan ini intensitas hujan di sekitar Kota Sentani cukup tinggi. Hal ini menyebabkan menurunnya kualitas air milik PDAM Jayapura alias keruh. Lebih dari 3000 pelanggan PDAM di Kota Sentani mengalami imbas dari kondisi itu.

Direktur PDAM Jayapura, Entis Sutisna kepada media ini, Jumat (25/10), menjelaskan, pasca bencana alam di Kabupaten Jayapura Maret lalu, PDAM Jayapura berusaha memanfaatkan intake darurat untuk mengatasi kekurangan air bersih bagi pelanggan di Kota Sentani.

“Pelayanan kepada 3000an pelanggan di Sentani saat ini masih menggunakan intake darurat,” kata Entis Sutisna.

Lanjut dia, sumber air yang lama sebenarnya sangat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga di Sentani. Namun pasca bencana banjir bandang Maret lalu, intake utama itu tidak lagi difungsikan. Itu sebabnya, pihak PDAM masih kesulitan untuk menormal kembali pelayanan air bersih bagi para pelanggan.

“Kita masih pakai sumber air darurat. Tetapi masih bermasalah karena diintake air darurat itu masih rawan longsor yang menyebabkan terganggunya saluran air darurat itu, jadi kalau hujan disekitar Cyclop maka tingkat kekeruhan air ini sangat tinggi,” katanya.

Pihaknya memastikan, dalam dalam kurun waktu dua bulan kedepan ditahun ini, akan dilakukan proses pembangunan intake baru yang didanai oleh pemerintah pusat melalui Balai prasaran dan pemukiman Propinsi Papua.

“Kami pastikan itu akan dikerjakan mulai akhir Oktober ini,” tambahnya.(roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *