Ditargetkan Bangun 20.000 BTS Terealisasi 22.000 BTS

JAYAPURA – Di tahun 2019 Telkomsel berencana membangun sekitar 20.000 unit base transceiver station (BTS) 4G di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). Untuk Wilayah Pamasuka  4.119 , sebagai   perwujudan komitmen dalam menciptakan akses jaringan yang merata. Namun sampai akhir September 2019 lalu, Telkomsel  secara nasional telah berhasil menyelesaikan pembangunan sekitar 22.000  unit BTS 4G.

General Manager  Network Operation and Quality Management Telkomsel Regional Sulawesi Muhammad Idham Kadir mengatakan, untuk di Pamasuka telah terbangun  4,536 unit BTS 4G. Catatan ini menjadikan Telkomsel Pamasuka mampu mempercepat serta melampaui target jumlah BTS atau telah mencapai 109% yang dibangun untuk tahun 2019.

“Kami bersyukur atas pencapaian tersebut yang semakin memantik semangat kami untuk terus mempercepat pemerataan jaringan berkualitas dan berteknologi terdepan di seluruh Indonesia. Pembangunan infrastruktur tersebut juga menjadi bagian dari upaya kami dalam menghadirkan layanan dan solusi digital berbasis jaringan terdepan dan terluas dari Telkomsel, sehingga manfaatannya dapat dirasakan langsung oleh pelanggan dan masyarakat,”ungkap Kadir dalam rilisnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (25/10) kemarin.

Lanjutnya, dari jumlah BTS yang berhasil dibangun Telkomsel sepanjang 2019 sekitar 2000 tersebar di wilayah Sulawesi  dan seluruhnya telah mendukung teknologi jaringan 4G.

  Telkomsel juga menerapkan teknologi terbaru dalam pengembangan infrastruktur jaringan 4G LTE yang dapat meningkatkan kapasitas dan kecepatan hingga 3 kali lipat dari BTS 4G regular, mengembangkan infrastruktur untuk teknologi NB-IoT, trial VoLTE untuk mengoptimalkan kualitas voice pada jaringan 4G, serta di seluruh infrastruktur BTS 4G LTE telah mengaktifkan teknologi Carrier Agregation yang semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dalam mengakes internet di jaringan 4G Telkomsel.

“Untuk mempercepat penambahan coverage jaringan 4G di Indonesia, kami mengimplementasikan teknologi LTE ini di seluruh BTS di frekuensi 900Mhz. Dengan implementasi tersebut, kami kini memperluas jangkauan layanan 4G mencapai 95% populasi yang telah menjangkau hampir di seluruh kota/kabupaten yang ada di Area Pamasuka,” terangnya.

Telkomsel juga mempermudah dan menyediakan berbagai metode yang dapat dipilih oleh pelanggan untuk dapat menikmati konektivitas 4G ini. Bagi pelanggan yang belum menikmati jaringan 4G, dapat melakukan ganti kartu 4G Telkomsel dengan cara yang sangat mudah. Pelanggan dapat menukarkan kartu 4G di GraPARI terdekat. Permintaan ganti kartu 4G pun dapat dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel, Call Center 188, Facebook dan Twitter yang selanjutnya kartu 4G tersebut akan dikirimkan ke alamat pelanggan.(ana/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *