PDI-P Siap Bangun Koalisi

Hj.  Almoratus Solikha, S.HI (Sulo/Cepos)

MERAUKE-  Partai PDI Perjuangan terus   melakukan lobi   ke sejumlah partai politik untuk membangun  koalisi untuk  mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati  Merauke pada  Pemilu Kepala Daerah (Pilkada)  serentak  yang akan digelar 23  September  2020.

  Koalisi  ini dibangun karena  PDI-P sendiri  yang memperoleh 4  kursi  DPRD  Kabupaten Merauke dan belum memenuhi syarat  minimal  untuk mengusung  pasangan  calon bupati. PDIP butuh partai yang yang memperoleh minimal 2 kursi di DPRD  Kabupaten  Merauke.

   Ketua  DPC  PDI Perjuangan  Heribertus Silubun, SH saat ditemui  media ini mengungkapkan bahwa sebagai kader PDI-P dalam  rangka  menghadapi  Pilkada 2020  tersebut, dirinya sudah bulatkan hati  untuk maju sebagai  calon bupati. Namun   karena    PDI-P baru 4  kursi  maka sebagai bakal calon telah mendaftar ke Partai Hanura.

  “Rencananya  besok, kita akan mendaftar ke  PPP  dan    Sabtu rencana mendaftar ke Golkar,’’ katanya.  Secara intens, kata      Heribertus, pihaknya    sudah bangun   komunikasi  dengan  Partai Hanura dan beberapa  pengurus   PPP dan berharap    Hanura  PPP  merespon positif   apa yang menjadi komunikasi yang sudah dibangun. ‘’Kami  juga  upayakan untuk membangun  komunikasi dengan Partai  Gerindra. Memang belum detail tapi  pada beberapa kesempatan kita sudah coba membangun  komunikasi. Dari Lima partai, ini kami berharap dua atau satu saja       bisa membangun komitmen dengan kami dan  kami pikir itu cukup   memenuhi syarat untuk maju sebagai  calon  bupati,’’ terangnya.

  Sementara itu, Jika  hampir semua  partai  yang melenggang ke   DPRD Merauke  membuka pendaftaran seleksi   bakal bupati  Merauke  namun   bagi  DPC Partai Kebangkitan Bangsa   Kabupaten Merauke  tidak  ikut-ikutan melakukan   pendaftaran seleksi    tersebut. Padahal,  PKB   diketahui  pada  Pemilu 17 April  2019  lalu berhasil  meraih 5 kursi di DPRD  Kabupaten  Merauke. Artinya, tinggal   butuh    koalisi  dengan partai   yang memperoleh 1 kursi  di DPRD  Kabupaten Merauke   maka  syarat   untuk mengusung   pasangan calon  bupati  dan wakil bupati  terpenuhi.  Ketua   DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Merauke  Hj. Almoratus  Solikha, S.HI,   ditemui media  ini mengungkapkan  bahwa pihaknya  memang  tidak melakukan  seleksi pendaftaran seperti yang  dilakukan  oleh sejumlah   Parpol. Sebab, dalam Pilkada  ini, lanjut  Almoratus Solikha, pihaknya  sudah memiliki sejumlah  calon  yang  bisa diusung  oleh  Partai  PKB  tersebut. “Kalau soal calon,  sebenarnya kami    sudah mempunyai  sejumlah  calon  yang  nanti tinggal   diseleksi   dari internal kami nanti dan berdasarkan  survey nanti  mana yang  memiliki elektibitas  yang tinggi di masyarakat,” kata Almoratus yang masih enggan menyebut nama-nama calon yang bakal diusung. (ulo/tri)

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *