Bupati: Kepala Kampung Jangan Sering Mangkir dari Tugas

Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd (Fiktor/Cepos)

BIAK-Bupati Herry Ario Naap S.Si.,M.Pd kembali mengingatkan supaya pengelolaan dana desa (DD) di masing-masing kampung disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, setiap penggunaan anggaran dana desa, dana prospek dan lainnya harus tepat sasaran.  Selain itu, juga meminta supaya kepala kampung jangan sering mangkir dari tempat tugasnya dan bahkan ada yang tinggal di kota atau tempat lainnya.

   “Setiap kepala kampung wajib menjalankan tugasnya secara benar, kepala kampung dipilih masyarakat dengan harapan dapat memberikan yang terbaik bagi pembangunan di kampungnya. Jadi jangan ada kepala kampung yang selalu meninggalkan tugasnya dengan alasan tidak jelas,” imbuhnya.

   Bupati juga menghimbau masyarakat dan semua pihak supaya ikut melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan di kampung-kampung, khususnya lagi yang menggunakan dana desa, prospek dan anggaran dari pemerintah.  Keterlibatan warga dalam melakukan pengawasan dinilai penting supaya setiap kegiatan yang dibuat di lapangan benar-benar tepat sasaran dan dirasakan masyarakat manfaatnya.

   Pemerintah terus mendorong percepatan pembangunan sampai ke tingkat kampung-kampung dengan mengalokasikan anggaran yang tergolong cukup besar setiap tahunnya. Tak hanya dana desa (DD), namun di Provinsi Papua juga digelontor dengan dana Prospek (program strategis pembangunan kampung).

   Saat ini, setiap kampung yang ada di Kabupaten Biak Numfor rata-rata memperoleh dana desa besarnya berkisar antara Rp 700 juta – Rp1 miliar. Penggunaan anggaran sebesar itu diwajibkan memperhatikan petunjuk teknis penggunaan, dengan maksud setiap kegiatan yang dibuat di masyarakat benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

   “Masyarakat juga wajib melakukan pengawasan terhadap setiap penggunaan anggaran di kampungnya, dalam hal ini dana desa dan atau lainnya. Demikian keterlibatan masyarakat dalam mendukung suksesnya pembangunan di kampung-kampung juga sangat penting. Dan jika ada kepala kampung tidak jalankan tugas dengan baik sampaikan ke saya,” ujar Bupati Herry A Naap.(itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *