DPRD Harus Berani Suarakan Suara Rakyat

25 anggota DPRD Kabupaten Jayapura terpilih periode Tahun 2019-2-24 saat mengambil sumpah janji jabatan di hadapan ketua Pengadilan Negeri Jayapura yang dilaksanakan di ruang sidang DPRD Kabupaten Jayapura, Selasa (22/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Sebanyak 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura terpilih telah dilantik secara sah menjadi anggota DPRD Kabupaten Jayapura periode 2019-2024. Pengambilan sumpah janji pelantikan anggota DPRD tersebut dilakukan di hadapan ketua Pengadilan Negeri Jayapura, Setiawan Hartono SH., MH di ruang sidang DPRD Kabupaten Jayapura, Selasa (22/10)

Pembina politik Kabupaten Jayapura yang juga menjabat sebagai Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menaruh harapan penuh kepada anggota DPRD yang baru dilantik itu agar bisa bekerja sama dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia di Labupaten Jayapura.

“Indeks pembangunan manusia di  Kabupaten Jayapura hampir 71 persen. Oleh karena itu DPRD yang baru dilantik ini bisa meningkatkan itu dan bekerjasama dengan pemerintah daerah supaya capaian-capaian ini terus kita tingkatkan,” kata Mathius Awoitauw kepada wartawan usai mengikuti pelantikan anggota DPRD tersebut.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu persoalan serius yang dialami oleh masyarakat di Kabupaten Jayapura saat ini adalah tingkat pengangguran yang masih cukup tinggi.  Mulai dari lulusan SMA bahkan ada juga lulusan sarjana. Hal ini disebabkan karena keterbatasan lapangan pekerjaan.   Selain itu lanjut Bupati Matius, penerimaan calon pegawai negeri sipil di Kabupaten Jayapura juga masih sangat terbatas.

Sehingga yang menjadi pekerjaan rumah bersama saat ini adalah bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan untuk menyerap tenaga kerja yang ada di Kabupaten Jayapura.  Tentunya untuk mewujudkan itu salah satu cara yang bisa dilakukan  dengan meningkatkan usaha-usaha ekonomi kreatif.

“Kita harus membuka lapangan kerja kita sendiri baik di kampung, distrik. Kita harus bisa membuka lapangan pekerjaan untuk generasi muda yang sekarang,” ungkapnya.

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Jayapura Yohanis Hikoyabi mengajak kepada seluruh anggota dewan yang baru saja dilantik pada periode 2019-2024 agar lebih berani dalam menyuarakan kepentingan masyarakat.

“Yang saya harapkan setelah pelantikan ini pimpinan dewan sementara menjalankan harus bisa menjalankan  tiga fungsi tugasnya,  pertama pembentukan fraksi-fraksi, kemudian mempersiapkan pelantikan ketua dewan definitif dan harus menyelesaikan  alat-alat kelengkapan dewan,” kata Yohanis Hikoyabi kepada wartawan di Kantor DPRD Jayapura, Selasa (22/10).

Dirinya  berharap kepada tiga pimpinan dewan yang berasal dari tiga partai politik agar benar-benar bekerja dan menjadi corong masyarakat agar lembaga ini hadir sebagaimana tujuan dan fungsinya.

“Jadi harus mempunyai manajemen politik yang betul-betul dia menguasai dari segi wawasan intelek politiknya yang baik,” ungkapnya.

Dia menyebut, tiga partai politik yang akan menjadi pimpinan dewan periode 2019 itu berasal dari NasDem, PDIP dan PKB. Oleh karena itu kepada calon pimpinan defenitif DPRD itu harus lebih berani memainkan isu baik politi dan ekonomi. Hal ini penting agar peran dewan untuk menyambung aspirasi masyarakat itu bisa betul-betul terlaksana dengan baik.(roy/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *