Satu Pesawat Hercules Masih Disediakan

Pesawat Hercules milik TNI AU saat tiba di Base OPS Lanud Silas Papare, Senin (14/10). (Yewen/Cepos)

Untuk Layani Pengungsi Kembali ke Wamena

SENTANI-Komandan Lanud Silas Papare, Marsekal Pertama (Marsma) TNI, Tri Bowo Budi Santoso, mengungkapkan, pihaknya tetap menyiapkan satu Pesawat Hercules untuk mengangkut para pengungsi kembali ke Wamena.

“Satu Pesawat Hercules masih disediakan Mabes TNI AU,” ungkapnya kepada wartawan di Base OPS Lanud Silas Papare, Senin (14/10).

Pesawat Hercules yang disediakan TNI AU ini sudah mengangkut kurang lebih 500 pengungsi kembali ke Wamena, terutama para anak-anak yang ingin kembali melanjutkan sekolahnya di Kabupaten Jayawijaya.

Menurut Tri Bowo, setelah kondisi Wamena sudah mulai kondusif, maka minggu depan Pesawat Hercules yang digunakan selama beberapa minggu mengangkut pengungsi dari Wamena ke Jayapura dan sebaliknya dari Jayapura ke Wamena akan kembali reguler flat yang dijadwalkan oleh TNI AU.

Normalnya penerbangan Pesawat Hercules ini karena situasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya sudah kondusif. Pihaknya akan melakukan rilis keterlibatan TNI AU dalam membantu pemulihan dan normalisasi di Wamena pasca kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Karena situasi dan kondisi di Wamena sudah kembali normal maka kita akan liris keterlibatan dalam pemulihan pengamanan dan evakuasi pengungsi serta pengangkutan bantuan sosial (Bansos) ke Wamena,” ujar Tri Bowo. (bet/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *