Pasar Mama mama Disiapkan Jadi Pusat Kuliner

Para pedagang di Pasar Mama-mama Papua ketika mengikuti lomba memasak menu kuliner di lantai III, Selasa (15/10) kemarin. Pasar ini digagas untuk menjadi pusat kuliner Jayapura. (Gamel Cepos)

JAYAPURA – Pasar mama-mama Papua yang selama ini hanya terlihat maksimal di lantai dasar kini mulai didesign untuk bisa menarik peminat. Lantai tiga yang sempat digunakan oleh para pekerja Freeport yang mogok kerja pelan-pelan dirubah menjadi lokasi olahan kuliner asli Papua. Para penyaji memasak langsung di lokasi sekaligus memasarkan.

Beberapa kegiatan yang berbau kuliner juga mulai digeser ke lokasi tersebut. Bila sesuai proyeksi maka lantai 3 nanti akan dijadikan sebagai pusat kuliner Papua di Jayapura. “Output yang ingin dicapai adalah menyiapkan pasar ini sebagai destinasi kuliner di Jayapura. Jadi warga kota jika ingin mencari produk olahan kuliner bisa langsung kesini,” kata Frengky Waren, Ketua Panitia Diskusi Panel Mama-mama dalam rangka Peningkatan Ekonomi dan peningkatan PAD Kota Jayapura di Pasar Mama-mama Papua, Jayapura, Selasa (15/10).

Dalam kegiatan kemarin sejumlah mama-mama juga mengikuti lomba membuat masakan kuliner dan dilakukan penilaian oleh enam chef dari hotel – hotel  di Jayapura. Poin positifnya kata Ketua Solpap ini adalah munculnya menu atau produk olahan yang   sempat hilang namun bisa dimunculkan kembali. “Saya juga melihat mama-mama yang berjualan disini sebagian besar menjual pangan lokal. Nah kami ingin menyampaikan bahwa pangan tersebut bisa dijual tidak hanya dengan bentuk asli tapi bisa diolah agar memiliki nilai jual lebih,” bebernya.

Untuk persoalan pemasaran, pasar mama-mama ini dianggap memiliki lokasi strategis karena berada di antara hotel-hotel besar di Jayapura. “Jadi tahun depan ada agenda PON dan bila ada tamu yang mencari kuliner bisa datang langsung ke pusatnya disini,” imbuhnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *