Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres, 4 Daerah Jadi Prioritas

PEL GABUNGAN: Direktur Samapta Polda Papua, Kombes Pol Yan Frits Kaiway selaku Pamatwil Kabupaten Tolikara memimpin apel gabungan di Lapangan Merah Putih Karubaga, Kabupaten Tolikara, Selasa (15/10).

JAYAPURA-Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebut, ada empat daerah di Papua yang diprioritaskan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indoensia terpilih pada 20 Oktober mendatang.

Adapun empat daerah yang dianggap rawan tersebut yakni Kota dan, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayawijaya. Keempat daerah tersebut akan menjadi prioritas dalam pengamanan mendatang.

“Daerah prioritas mungkin Jayapura (Kota Jayapura), Sentani (Kabupaten Jayapura), termasuk Wamena (Kabupaten Jayawijaya) dan Mimika. Mungkin itu yang menjadi prioritas kami,” ucap Kapolda Waterpauw kepada wartawan, Selasa (15/10).

Berdasarkan hasil video conference dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, menurut Waterpauw, Polda Papua diperintahkan untuk melakukan video conference setiap hari dalam memberikan arahan-arahan langsung kepada jajaran.

 “Jadi mulai hari ini (kemarin, Red) hingga tanggal 20 Oktober, kita akan terus melakukan komunikasi lewat video conference untuk mengecek sejauh mana situasi dan upaya-upaya cipta kondisi sedemikian rupa dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah masing-masing,” tuturnya.

Polda Papua sendiri lanjut Waterpauw, telah membuat rencana pengamanan di wilayah Papua. Termasuk objek vital. Misalnya, bandara maupun pelabuhan, serta rumah ibadah yang ada di Papua.

“Kami membuat rencana pengamanan karena kita punya bandara, pelabuhan-pelabuhan dan tempat keramaian, termasuk tempat ibadah,” tuturnya.

Langkah ini untuk mengantisipasi gangguan dari pihak-pihak tertentu yang gagal membuat kerusuhan di wilayah ibu kota maupun Jawa, menjelang pelantikan 20 Oktober mendatang.

“Kita khawatir, Jakarta Raya atau Jawa diperketat. Mereka melakukan lambungan ke wilayah kita (Papua-Red), sehingga kita jaga dengan rencana pengamanan yang dikonsepkan oleh Karo Ops,” terangnya.

Dikatakan, Polda Papua telah membagi tugas dengan para pejabat utama sebagai Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) di daerah menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden mendatang.

Sementara itu, dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di wilayah Tolikara. Direktur Samapta Polda Papua, Kombes Pol Yan Frits Kaiway selaku Pamatwil Kabupaten Tolikara memimpin apel gabungan di Lapangan Merah Putih Karubaga, Kabupaten Tolikara, Selasa (15/10)

Kombes Pol Yan Frits mengajak seluruh personel agar selalu melakukan pendekatan terhadap masyarakat sekitar dan selalu mengantisipasi adanya isu hoax yang berkembang.

“Satu hal yang penting adalah mari kita menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Tolikara tetap aman dan kondusif,” pintanya. (fia/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *