PLI Ajak Pemda se Papua Siapkah SDM Berkulitas Sejak Dini

Tim dari Universitas Rhode Island dari Amerika  saat mendatangi Kantor Papua Lenguage Istitute  (PLI) yang disambut Direktur PLI  Samuel Tabuni dan para siswa, Sabtu, (13/10). foto: Noel/Cepos

JAYAPURA – Pemerintah Kabuapaten/Kota di Papua diharapkan bisa menyiapkan pendidikan sejak dini secara baik bagi siswa usia dini agar meraka mampu beritung, membaca dan menulis dengan baik.
“Awal mula ‘penyakit mematikan’ di Tanah Papua berawal dari pendidikan tidak lengkap, Contoh Membaca bisa, tapi menulis tidak bisa atau membaca dan menulis bisa tapi menghitung sama sekali tidak bisa. lni masalah besar bagi bangsa Indonesia,” kata Direktur Papua Language Institute  (PLI) Samuel Tabuni,  di Kantor PLI, Sabtu, (13/10).
Pihaknya berpendapat, pendidikan usia dini adalah kunci pagi seorang siswa dapat mampu menghitung membaca dan menulis, maka bagan ini harus diperhatikan oleh  pemerintah di kabupaten/kota.
” Pendidikan usia dini adalah awal dari membangun bangsa yang kuat. Bagaimana Papua menjadi bangsa yang kuat kalau kondisi pendidikan dasar kita kacau balau,” katanya.
Tokoh yang gencar berbicara soal peningkatan pendidikan bagi orang Papua itu mengatakan, kemarin  PLI dikunjugi oleh Universitas Rhode Island dari Amerika, dimana mereka ingin bekerjasama dangan PLI di Papua tetapi persyaratannya sangat ketat seperti pembentukan karakter kuat matematika, fisika dasar serta penguasaan bahasa lnggris yang baik.
“Tentu hal ini tidak mudah bagi kami di  PLI, karena itu saya berharap semua pemda di Papua benar – benar siapkan adik usia SD-SLTP-SMA secara berkualitas menggunakan semua sumber pemerintah daerah untuk fokus dan fokus Pendidikan dikampung dan daerah,” katanya.
Selain ia menambahkan selain  perlu adanya pendidikan berbasi suku di tujuh wilayah ada di Papua
“Jika kabupatennya satu suku, pendidikan berbasis suku sangat diperlukan,” ujarnya,(oel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *