488 Pengungsi Telah Dipulangkan ke Wamena

Beberapa orang pengungsi  saat naik ke pesawat Hercules sebelum diterbangkan kembali ke Wamena dari Base OPS Lanud Silas Papare, Senin (14/10). (Yewen/Cepos)

SENTANI-Pihak TNI AU telah menerbangkan kurang lebih 488 orang pengungsi menggunakan Pesawat Hercules kembali ke Wamena Kabupaten Jayawijaya, setelah beberapa minggu mengungsi ke Jayapura.

“Data yang tercatat sampai dengan hari ini (kemarin, Red) kurang lebih ada 488 orang pengungsi. Khusus pengungsinya saja sudah kembali ke Wamena menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU,”ungkap Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare, Marsekal Pertama (Marsma) TNI, Tri Bowo Budi Santoso, kepada wartawan di Base OPS Lanud Silas Papare, Senin (14/10).

Dari pantauan Cenderawasih Pos, Lanud Silas Papare terus melayani penerbangan untuk mengangkut pengungsi bersama bantuan sosial (bansos) ke Wamena. Ini sebagai dukungan yang dilakukan, untuk membantu memperlancar aktivitas di Wamena pasca kerusuhan yang terjadi Senin (23/9) lalu.

Menurut Tri Bowo, pelayanan penerbangan menggunakan pesawat Hercules merupakan bagian dari dukungan TNI AU, untuk mendukung normalisasi dan pemulihan keamanan di Wamena.

Kami sudah melayani kurang lebih 89 sorti penerbangan. Dimana 5 sorti diantaranya menggunakan pesawat dari Kepolisian dan pesawat CN milik TNI AU,” ucapnya.

Tri Bowo berharap situasi dan kondisi bisa kembali seperti biasa, sehingga penerbangan ke Wamena bisa dilaksanakan oleh maskapai yang melayani rute Jayapura-Wamena. (bet/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *