Tak Benar Tak Ada Pemberitaan Pengungsi Nduga

TATAP MUKA: Menteri PPPA Yohana Yembise saat melakukan tatap muka dengan pengungsi Nduga di halaman gereja Wene Roma, Kampung Ilekma, Distrik Sinakma, Kabupaten Jayawijaya, Kamis (8/8). (Denny/ Cepos)

JAYAPURA – Indonesian Journalist Network (IJN) Papua-Papua Barat menolak pernyataan gubernur Papua, Lukas Enembe yang menyatakan bahwa tak ada pemberitaan terkait pengungsi Nduga terutama yang berkaitan dengan korban tewa. Ia menyebut ada 180 korban sejak 2018 namun hingga kini tak ada media yang menulis itu. Media kesannya hanya menulis tentang kondisi pengungsi dari Wamena dan ini menurutnya tak adil.

Pernyataan ini dibantah IJN yang menyatakan pemberitaan terkait korban konflik Nduga sudah beberapa kali dibuat. Mungkin gubernur yang tak memperhatikan secara baik sehingga memberi penilaian seperti itu. Ketua IJN Papua-Papua Barat, Roberth Vanwi menyampaikan bahwa tidak tepat jika menyatakan media tak memberitakan korban pengungsi terutama terkait Nduga. Naun kalau dirasa pemberitaan terkait Nduga kurang maka ia berharap  pemerintah bisa memfasilitasi informasi maupun data korban.

“Kalau dikatakan berita soal pengungsi Nduga tak ada itu kurang tepat. Teman-teman tetap menulis soal kejadian tersebut. Namun bila tidak sekencang isu pengungsi dari Wamena bisa saja ada indikator lainnya,” jelas Robert Vanwi, Sabtu (12/10). Indikator yang dimaksud adalah peak moment dari kasus tersebut sudah lewat dan saat ini sedang hangatnya pengungsi Wamena sehingga terasa hanya terus  menerus disajikan soal pengungsi Wamena. “Jadi waktunya sudah berlalu dan sekarang isu tentang pengungsi Wamena  dan bisa saja orang beranggapan yang Nduga kapan diberitakan,” bebernya.

“Jika terkait jumlah korban tentu harus pihak yang berkompeten yang berbicara. Bila gubernur memiliki data mari sampaikan kepada kami,” singgungnya.  IJN kata Vanwi tetap membuka ruang untuk mengakomodir semua informasi menarik tentang Papua. “Saya melihat kadang kadang teman-teman terkendala lokasi yang jauh sehingga sulit mendapat data dari sumber langsung. Tapi bila pejabat setempat mau menginformasikan tentunya media apa saja siap mempublish,” pungkasnya. (ade/wen)

 

Baca juga

Pdt. D Wandokbo: Hanya Tuhan yang Bisa Selesaikan Persoalan Nduga

Akibat Konflik Nduga, Aktifitas 21 Sekolah Tak Berjalan 

Pengungsi Nduga Tolak Bantuan Kementerian PPPA

Polda Papua Akan Kirim Tim ke Nduga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *