PDAM Perkenalkan Aplikasi GIS dan SiPintar

Dirut PDAM Jayapura H.Entis Sutisna, SE.,MM.saat ikut menandatangani komitmen pembangunan smart city Kota Jayapura, di Aula Sian Sior Kantor Walo Kota Jayapura, Kamis (10/10). (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Dalam rangka mendukung komitmen Kota Jayapura dalam menjadikan Kota Jayapura menjadi kota cerdas (smart city)  di Indonesia. Sebagai bentuk dukungan inovasi menjadi kota cerdas dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Jayapura yakni PDAM memiliki dua inovasi yakni GIS dan Si pintar, dimana dua inovasi ini bisa memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat.

Direktur Utama PDAM Jayapura H.Entis Sutisna, SE.,MM.,mengatakan komitmen pelaksanaan pembangunan smart city di Kota Jayapura yang didukung PDAM Jayapura, dimana PDAM Jayapura saat ini sedang mengembangkan aplikasi Geografic Information System (GIS)  bekerjasama dengan USAID IUWASH PLUS  dan aplikasi SiPintar, pengembangan aplikasi tersebut sepenuhnya menggunakan sumberdaya dan sumber dana internal perusahaan.

Intuk inovasi GIS sendiri upaya PDAM Jayapura dalam meminimalisir tingkat kebocoran air yang selama ini terjadi, melalui inovasi dari GIS PDAM akan tahu titik mana saja saluran pipa yang bocor.

    Sehingga dalam hal perbaikan lebih mudah, termasuk dalam memasang alat meterisasi pelanggan dengan adanya alat ini  semua pemakaian air pelanggan bisa diketahui dan jika ada masyarakat ingin menjadi pelanggan PDAM melalui GIS petugas PDAM akan tahu apakah calon pelanggan ini akan dipasang jaringan air dari mana ada tingkat kesulitannya atau tidak.

Sedangkan untuk inovasi SiPintar, dalam hal pembayaran rekening air, kini sudah bisa dibayarkan secara online melalui perbankan  yang sudaj masuk dalam Penandatanganan Kerjasama (PKS) dan bisa bayar juga di seluruh Kantor Pos.

  “Ini adalah bentuk komitmen kami dalam menjadikan Kota Jayapura menjadi kota cerdas, karena program smart city pelayanan akan semakin maksimal, transparan, efektif, efisien dan transparans,”jelasnya.(dil/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *