30 Siswa Papua diundang Presiden ke Jakarta

BINCANG-BINCANG: Presiden Jokowi saat berbincang-bincang dengan 30 anak-anak Papua dari SD Negeri Inpres Kemiri, SD Negeri Inpres Mbait, dan SD YPPK Agats berbincang di beranda Istana Merdeka, Jumat (11/10).

JAKARTA, Jawa Pos-Janji Presiden Joko Widodo untuk mengundang sejumlah anak-anak asal Papua berkunjung ke ibu kota, Jakarta direalisasikan. Kemarin (11/10) 30 anak Papua diundang dan diterima Presiden di Istana Merdeka, Jakarta.

   Pertemuan sendiri berlangsung santai. Jokowi mengajak anak-anak Papua yang berasal dari SD Negeri Inpres Kemiri, SD Negeri Inpres Mbait, dan SD YPPK Agats berbincang di beranda Istana Merdeka.

   Di depan anak-anak Papua, Jokowi bercerita soal kunjungannya memantau banjir Sentani, Maret 2019 lalu. “Bapak waktu ke lapangan, ketemu, terus janji mau ngundang ke Jakarta. Yang penting, satu janjinya Pak Presiden sudah ditepati,” kata Jokowi.

   Selain berbincang, di hadapan Kepala Negara, anak-anak Papua juga menunjukkan kemampuannya bernyanyi. Selain itu, mereka juga memberikan kenang-kenangan kepada Jokowi berupa topi rumbai, tas rajut bertuliskan “Jokowi Presidenku”, dan sebuah cendera mata khas Asmat.

   Seorang siswa bernama Fernando Enrico Suebu tak kuasa menyampaikan kebahagiaannya bisa berkunjung ke Jakarta. Sebab, dia, dan sebagian besar teman-temannya belum pernah melihat Jakarta. Selama ini, hanya melihat dari televisi.

   “Atas nama keluarga besar SD Inpres Kemiri. Kami berterima kasih karena Pak Presiden sudah mengundang kami ke Jakarta. Sekarang kami bisa tiba dan melihat Jakarta,” kata Fernando. Selain itu, dia juga menyampaikan terima kasih karena sekolah-sekolah mereka yang rusak karena banjir sudah diperbaiki.

   Tak hanya itu, Fernando juga mengaku membawa pesan dari warga di lingkungannya untuk perbaikan perumahan. “Pesan dari warga-warga yang masih tinggal di penampungan memohon supaya rumah yang dibangun bisa cepat selesai,” sambungnya.

   Mendapat pesan tersebut, mantan Wali Kota Solo menyatakan kesiapannya. “Kalau Pak Presiden nanti ke Papua saya lihat. Saya mau ke Sentani, saya mau ke Wamena,” jawab Presiden Jokowi.

   Di akhir acara, Jokowi sempat memberikan kejutan kepada salah satu siswa yang ulang tahun pada kemarin. Yaitu Solideo Fernandus. Selain mengucapkan selamat, Presiden Jokowi juga memberikan hadiah berupa foto. “Belajar yang baik,” kata Jokowi berpesan.

   Selain berkunjung ke istana, anak-anak Papua juga berkesempatan berkunjung ke sejumlah tempat di Jakarta. Mulai dari mencoba Moda Raya Terpadu (MRT), mengunjungi Monas, Dunia Fantasi (Dufan), hingga Taman Mini Indonesia Indah. (far/JPG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *