Rusak, Tiga SPAM di Waan  Tidak Berfungsi

Benedictus  Riyadi, S.STP (Sulo/Cepos)

MERAUKE – Meski    baru  digunakan sejak akhir   tahun 2018 lalu, namun tiga  Sistem Penyediaan Air Minum  (SPAM) yang dibangun Pemerintah Kabupaten Merauke lewat APBD 2018 lalu   sudah tidak berfungsi  lagi, akibat  sistem pompanisasinya yang  rusak.

   Kerusakan   ini sudah terjadi sekitar  4 bulan  lalu. Akibat   kerusakan SPAM ini, masyarakat   yang ada di Distrik Waan tersebut kembali  mengalami kesulitan mendapatkan   air minum seperti sebelum  ada  SPAM  tersebut.  Apalagi  dengan  kondisi   musim kemarau  saat ini menambah penderitaan  warga setempat.

“Ya, untuk 3 SPAM yang dibangun  dan mulai difungsikan akhir Desember 2018 lalu, sudah   rusak sejak  4 bulan lalu,’’ kata kepala Distrik  Waan  Benedictus  Riyadi, S.STP, ditemui   media ini saat berada di Kantor  Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Merauke, Selasa (8/10).     

    Benedictus menjelaskan  bahwa di SPAM tersebut ada  petugas yang khusus menjaga. tapi hanya  untuk mengoperasikan    saat mesin dan alat-alatnya berfungsi dengan baik . ‘’Tapi sekarang karena  faktor tehnis dan non tehnis sehingga  dia tidak  berjalan  dengan baik,’’ tandasnya.

   Pihaknya   mengaku sudah melaporkan masalah kerusakan   ini kepada Dinas Pekerjaan  Umum  termasuk kepada   pihak  ketiga yang  melaksanakan pekerjaan  ini  sejak awal tahun. ‘’Dari   yang mengerjakan pekerjaan  SPAM  tersebut menyampaikan siap untuk memperbaiki. Mungkin masih menunggu situasi dan kondisi  cuaca  yang  lebih baik menuju ke sana.  Kami harapkan   kalau bisa secepatnya  diperbaiki   karena  kami di sana benar-benar sulit  mendapatkan  air bersih di saat musim kemarau seperti  ini,’’  harapnya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *