Usul RS Karubaga Ganti Nama jadi RS dr. Soeko Marsetyo

drg Aloysius Giyai, M.Kes. (Gratianus Silas/Cepos)

JAYAPURA- Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengusulkan pergantian nama Rumah Sakit (RS) Karubaga, Tolikara, menjadi RS dr. (Alm)  Soeko Marsetiyo. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes., menjelaskan bahwa nama tersebut diusulkan sebagai penghargaan terhadap dokter asal Jogjakarta tersebut atas jasa dan pengabdiannya selama 15 tahun memberikan pelayanan kesehatan di Karubaga, Tolikara.

“Untuk RS Karubaga, Tolikara, sebagai penghargaan atas pengabdian dokter dari Jogjakarta selama 15 tahun di Karubaga, Tolikara, kami memberikan penghargaan berupa usulan nama dr Soeko Marsetiyo sebagai nama pengganti RS Karubaga di Tolikara,” ujar drg. Aloysius Giyai, M.Kes., Jumat (4/10).

Kadinkes Giyai yang juga merupakan Plt. RSUD Jayapura juga akan mengusulkan nama baru bagi RSUD Jayapura, sebagaimana tertuang dalam penyusunan master plan RSUD Jayapura. Ini merupakan  bagian dalam syarat akreditasi di mana rumah sakit harus diberi nama.

Bukan hanya nama, RSUD Jayapura akan memiliki visi, misi, motto, nilai organisasi serta semboyan yang baru.

“Nama yang diusulkan ialah RSUD MT UI, yang mana merupakan seorang dokter setelah dr. Yakop de Fritz, yang merupakan ahli bedah tulang asal Belanda yang pertama mendirikan RSUD Jayapura. Oleh sebab itu, kami usulkan pemberian nama RSUD Jayapura menjadi RSUD MT UI. Kemudian, RS Abepura kami usulkan dengan nama RS dr Yusak Yusuai, yang mana merupakan ahli anak, serta dokter spesialis Papua pertama. Usulan ini akan disampaikan ke Gubernur Papua untuk kemudian ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda),” tambahnya. (gr/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *