Buaya Enam Meter Ditangkap Warga Kampung Yoboi

Buaya ukuran enam meter ditangkap warga disekitar Kampung Yoboi,Jumat (4/10), malam kemarin.

SENTANI- Warga Kampung Yoboi berhasil menangkap satu ekor buaya besar di lokasi yang tidak jauh dari pemukiman warga Kampung Yoboi pada, Jumat (4/10), malam kemarin. Buaya dengan panjang enam meter ini ditangkap warga dengan menggunakan perangkap atau jerat.
“Iya ditangkap kemarin malam, menggunakan perangkap,” kata Fian salah satu warga yang tinggal di Kampung Yoboi kepada Cepos online.com, Sabtu (5/10).
Buaya itu ditangkap lantaran kerap memangsa ternak babi milik warga setempat. Wargapun memasang jerat untuk menangkapnya. Dia menyebut, saat ditemukan warga buaya tersebut sudah dalam keadaan mati karena terjerat perangkap warga. Oleh warga setempat, buaya  itu dijadikan santapan warga sekampung.
“Kita bagi-bagi dagingnya, buaya ini cukup besar tapi bukan ini yang paling besar,” jelasnya.
Menurutnya, di danau Sentani khususnya disekitar Kampung Yoboi masih banyak buaya yang besar yang ukurannya jauh lebih besar hingga 10 meter. Buaya-buaya ini memiliki sarang di sekitar daerah pemukiman kampung itu.

Sementara itu, Direktur WWF Program Papua, Benja Mambai menjelaskan, buaya yang ditangkap warga itu merupakan satwa yang dilindungi. Sehingga tidak boleh dipelihara apalagi ditangkap atau dibunuh. Menurutnya, ada dua jenis buaya yang ada di Papua yaitu buaya air tawar dengan nama ilmiahnya Crocodylus novaeguineae dan buaya muara dengan nama ilmiahnya, crocodile porosus. Kedua jenis buaya itu masuk dalam satwa yang dilindungi. Kendati demikian, kewenangan untuk menindak pelanggaran itu bukan menjadi tanggung jawabnya. WWF hanya bertugas untuk menginformasikan kepada warga mengenai binatang yang dilindungi.
“Kewenangan itu ada pada Kementerian kehutanan kalau di Papua itu tanggung jawabnya BKSDA, ” imbuhnya.(roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *