Pusat Diminta Segera Ambil Langkah Konrit untuk Papua

Dewan Pembina ICAKAP, Paskalis Kossay,S.Pd.MM, Sekjen ICAKAP, Marianus Komanik, S.pt.M.Si, Ketua umum ICAKAP, Vinsensius Lokobal,SI,MH, dan Wakil Sekjen ICAKAP, Doni Gobay, ST di Abepura, Kamis (3/10) lalu. (Takim/Cepos)

JAYAPURA – Ikatan Cendekiawan Awam Katolik Papua (ICAKAP) merumuskan dan mengkaji sekaligus mengusulkan solusi atas berbagai persoalan di Papua saat ini. Atas usulan tersebut ICAKAP mengadakan jumpa pers yang diikuti oleh Ketua umum ICAKAP, Vinsensius Lokobal,SI,MH, Sekjen ICAKAP, Marianus Komanik, S.pt.M.Si, Dewan Pembina ICAKAP, Paskalis Kossay,S.Pd.MM dan Wakil Sekjen ICAKAP, Doni Gobay, ST di Abepura, Kamis (3/10) lalu.

Ketua umum ICAKAP, Vinsensius Lokobal,SI,MH mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Papuanisasi berbasis kearifan lokal adalah mengutamakan Hak atau keberadaan Orang Asli Papua (OAP) di segala bidang. “Entah itu kedudukan politik jabatan dan yang lainnya harus diutamakan OAP,”ujar Lokobal kepada awak media dalam saat jumpa pers Kamis (3/10) lalu.

Sementara itu juga Sekjen ICAKAP, Marianus Komanik, S.pt.M.Si mendesak pemerintah pusat maupun daerah untuk segera mengambil langkah atau solusi atas persoalan Papua saat ini. “Kami berharap pemerintah pusat dan daerah harus segera cari solusi, dan saat ini kami melihat sama sekali tidak ada solusi yang ditawarkan atas situasi Papua saat ini,”jelas Komanik.

Dewan Pembina ICAKAP, Paskalis Kossay,S.Pd.MM menilai semua persoalan di Papua saat bukan hanya murni konflik berlatar belakang politik melainkan sudah berbaur dengan konflik sosial (merembes). “Sepertinya situasi saat ini sudah campur aduk antara konflik sosial dan politik,”beber Kossay. Pihaknya meyakini solusi yang ditawarkan oleh ICAKAP saat akan menjadi solusi Papua untuk menyelesaikan semua persoalan Papua.(kim/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *