Pemkab Yalimo Hibahkan Rp 60 M Untuk Pilkada  2020

NHPD_Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen saat menandatangani NPHD Pemkab Yalimo, dalam persiapan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Yalimo, disaksikan Bupati Yalimo Lakius Peyon, Sekda Yalimo Isak Yando dan Kaban Keuangan Yalimo di Jayapura, Kamis (3/10)kemarin.

JAYAPURA-Bupati   Yalimo Lakius Peyon didampingi Sekda Yalimo Isak Yando dan Kepala Badan Keuangan Yalimo menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo Yehemia Walianggen dan Kadiv Hukum KPU Yalimo Zeth Kambu, dalam persiapan Pilkada serentak tahun 2020, penandatangan NPHD dilakukan di Kota Jayapura, Kamis (3/10)kemarin.

  Ketua KPU Kabupaten Yalimo Yehemia Walianggen mengatakan, dengan ditandatanganinya NPHD menandakan Pemerintah Kabupaten Yalimo telah siap mendukung Pilkada ini. Untuk itu, diharapkan kepada masyarakat dan stakeholder bisa mendukung suksesnya Pilkada yang aman, damai dan sukses untuk Kabupaten Yalimo.

  “Untuk usul kita dalam draf NPHD Pemiliu Kabupaten Yalimo tahun 2020 sebesar Rp 62 miliar, namun yang disetujui Bupati sebesar Rp 60 miliar, kami sangat berterimakasih atas perhatian dan kersiusan bupati dalam mensukseskan Pilkada di Kabupate  Yalimo tahun 2020,”ungkap Ketua KPU Kabupaten Yalimo Yehemia Walianggen didampingi Kadiv Hukum KPU Yalimo Zeth Kambu  saat bertandang di Kantor Graha Pena Entrop, Kamis (3/10) kemarin.

   Dijelaskan,  dana hibah sebesar Rp 60 miliar nantinya digunakan secara baik, sesuai dengan aturan yang ada dan digunakan untuk pembiyaan tahapan-tahapan Pilkada mulai dari sosialisasi, Bimtek, pembayaran Honor, sampai Pungut Hitung dan seterusnya. Diharapkan dalam Pilkada nantinya bisa berjalan dengan baik, lancar dan damai, karena Pilkada di sana tidak menggunakan sistim Noken. “Kami minta dukungan dan partisipasi masyarakat serta stakeholdr dalam proses Pilkada supaya bisa berjalan aman, lancar dan sukses dilakukan secara Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia,”ungkapnya.

  Diakui, memang dalam draf permintaan dana hibah untuk Pilkada Tahun 2020 mengalami peningkatan jika dibanding dengan Pilkda  sebelumnya yang hany asekira Rp 37 miliar. Naiknya permintaan dana hibah mengingat kondisi dan letak geografis sebanyak 300 kampung di Kabupaten Yalimo membutuhkan transportasi yang malah akibat susahnya jangkauan.

Yehemia Walianggen juga menambahkan, untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Yalimo tahun 2020, saat ini masih menyesuaikan dengan jumlah penduduk yang ada dalam data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Yalimo.

   Sementara itu, Kadiv Hukum KPU Yalimo Zeth Kambu   mengatakan, pihaknya bersama Bawaslu akan semaksimal mungkin dalam mengawal Pilkada yang sukses, lancar dan damai. (dil/tri)

  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *