Tugas Saat Ini Mendamaikan, Bukan Memprovokasi

Yunus Wonda

JAYAPURA – Ketua DPR Papua, DR Yunus Wonda mengungkapkan bahwa dengan kondisi Papua seperti saat ini, sangat tidak tepat jika justru  saling menghujat dan akhirnya memperkeruh suasana. Ia menginginkan semua pihak untuk sementara menahan diri dan tidak membuat situasi semakin pelik. Yang dibutuhkan Papua dalah kedamaian dan kebersamaan untuk membangun kembali puing- puing toleransi yang sudah tumbuh sebelumnya.

“Kalau hanya memperkeruh suasana itu sangat mudah, tinggal dibuang di mesia sosial dan menjadi viral kemudian tinggal tunggu hasilnya. Tapi bukan itu yang Papua butuh. Papua harus dirawat menjadi lebih baik, tidak seperti sekarang,” kata Yunus melalui ponselnya, Selasa (1/10). Ia merespon adanya postingan di media sosial yang kesannya justru mencari kesalahan-kesalahan dan menggiring opini untuk menyerang atau melakukan protes terhadap pihak yang disorot. Hal tersebut dianggap tidak memikirkan persoalan yang lebih besar sementara kondisi Papua masih berkutat dengan gejolak.

“Tidak tepat dan tidak bijak jika menggunakan momentum tertentu untuk menyerang atau justru menjatuhkan orang lain. Yang terpenting sekarang adalah saya berbuat apa dan kamu berbuat apa untuk menciptakan Papua damai. Kalau mencari kesalahan itu sangat mudah tapi menciptakan situasi yang aman itu tidak mudah,” sindirnya. Ia mengutarakan bahwa kondisi Papua saat ini tak lepas dari insiden ujaran rasis yang terjadi di Surabaya. Meski telah diupayakan untuk diredam ternyata masih saja terjadi gejolak dan hal tersebut murni aspiraisi.

“Pendapat saya jika ada yang tak puas   dengan kinerja pemerintah baik itu pemerintah daerah, pemerintah provinsi termasuk DPR nya silahkan sampaikan, malah kami menunggu untuk mengevaluasi dan mencari solusi,” imbuhnya. “Saya tunggu jika memang ada ketidakpuasan tapi jangan justru memperkeruh dan akhirnya saling menjatuhkan. Ini kebiasaan buruk yang harus dihilangkan,” pungkasnya. (ad/wene)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *