Tibo Layak Masuk Timnas

Titus Bonai (ERIK / CEPOS)

JAYAPURA- Titus Jhon Londouw Bonai menjadi salah satu striker lokal yang masuk dalam lima besar daftar top skor sementara. Tibo sapaan akrabnya kini mengoleksi 11 gol dari 16 pertandingan, Tibo mampu bersaing dengan striker legiun asing. Tibo yang nyentrik dengan tarian sajojo itu hanya terpaut 5 gol dari Alex dos Santos (Persela) sebagai top skor sementara.

Di usianya 30 tahun, Tibo justru menjelma menjadi momok yang menakutkan di lini depan Persipura Jayapura musim ini, sehingga pemain yang akrab dengan nomor punggung 25 itu, dinilai masih layak menggunakan serangam Timnas senior.

Pasalnya dari 25 nama pemain yang disiapkan Timnas senior untuk menghadapi Uni Emirat Arab (UAE) pada 10 Oktober dan Vietnam pada 15 Oktober dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tak satu pun pemain asal Persipura.

Mantan pemain andalan Timnas, Stevie Bonsapia sangat menyayangkan tak satu pun pemain asal Persipura yang dirilik oleh Timnas senior. Bahkan mantan pemain Persipura itu juga heran, pemain striker haus gol seperti Tibo pun gak masuk dalam daftar pemain yang akan dibawa menghadapai UAE dan Vietnam.

“Saya setuju, harusnya Tibo di panggil di Timnas, karena dia satu-satunya stiker lokal yang masuk nominasi 5 besar dan Timnas harus panggil dia pada laga kualifikasi piala dunia, ” ungkap Stevie kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya,  Senin (30/9) kemarin.

Ortisan Solossa, kaka kandung dari Boaz Solossa juga mengakatan hal senada. Menurut mantan pemain yang memiliki kaki kiri metikan itu, Timnas seharusnya bisa mendatangkan Tibo. Bahkan diucapkan Ortisan, tak hanya Tibo, namun Muhammad Tahir juga layak mendapatkan kesempatan membela sang Garuda.

“Saya kira Tibo pantas di panggil Timnas, tapi tidak tahu penilain pelatih bagaimana dan jadi catatan juga, kali ini tidak ada satu pun pemain Persipura yang di panggil, seperti Muhammad Tahir juga sangat layak dinpanggil oleh Timnas,” jelasnya.

Sementara itu, Tibo sendiri menjelaskan, dirinya tetap siap jika kesempatan itu ada. Namun jika jasanya juga tak dibutuhkan oleh negara, Tibo tetap tidak mempersoalkan itu, karena ia saat ini fokus untuk memberikan kemenangan bagi tim Persipura agar terus merengsek naik ke papan atas.

“Soal Timnas itu keputusan dari pelatih, saya sebagai pemain siap bila di panggil dan kalau tidak dipanggil pun saya juga tetap siap, karena saya juga fokus dengan tim saya (Persipura),” tandasnya. (eri/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *