Bupati Dan Wali Kota Diminta Ikuti Teladan Gubernur Papua

Gubernur Papua Lukas Enembe dan Direktur Papua Language Institute (PLI) Samuel Tabuni bersama Kepala Biro Otsus saat mengikuti kegiatan pelepasan siswa S1 dan SII melanjutkan studi di Rusia dan Amerika yang berlangsung di Gedung Negara, Sabtu, (28/9).

PLI Kirim 26 Mahasiswa Belajar ke Rusia

JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten/Kota di Papua diharapakan meneladani sikap tanggap Gubernur Lukas Enembe dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayah Indonesia paling timur ini

Kepada media ini Direktur Papua Language Institute (PLI) Samuel Tabuni mengatakan,  PLI telah berupaya menyiapkan, 26 mahasiswa S2 baik bahasa, kempuan jurusannya dan sikap untuk menuntut ilmu di Negara Rusia.

“Kita PLI telah berupaya dalam usia kami yang baru dua Tahun menghasilkan 26 Siswa yang siap secara mental, kempuan Berbahasa Inggris, Rusia dan Bahasa Daerah sehingga mereka ini akan menjadi siswa yang mencintai kearifan lokalnga tepi memiliki wawasan Global,” ujarnya.

Samuel Tabuni yang berkomitmen ingin meningkatkan SDM Papua itu, meminta kepada seluruh kepala daerah agar benar – benar menyiapkan siswa secara mental rohani, ilmu dan bahasa sehingga mereka dapat dengan cepat menyelesaikan kulianya saat merantau di negara lain.

“Kami juga berharap para bupati dan wali kota di Papua mengikuti sikap Pak Gubernur Papua menyiapkan SDM Papua bukan saja asal di kirim ke luar negeri, tetapi anak – anak Papua benar – benar disiapkan secara baik Kemampuan bahasa inggrisnya, bahasa Rusia dan Pengetahuan mereka dan lebih penting adalah sikap karekater mereka dimana kita tahu bahwa sikap dan karakter saat ini menjadi pergumulan semua negara, maka kami berupaya menyiapkan mereka tidak saja ilmu tapi juga karakter yang mengenal Tuhan,” ujarnya.

Lebih lanjut Derektur PLI Samuel berharap agar masyarakat Papua, untuk lebih mengutamakan pendidikan dengan terus belajar dan meningkatkan taraf pendidikan anaknya dalam mengisi pembangunan di negerinya sendiri.

“Kami harapkan masyarakat dapat menyiapkan anak – anak Papua untuk diajar kemampuanya berbahasa Inggris dan menyiapkan karakter mereka menjadi anak – anak yang Takut Tuhan guna memiliki sikap karakter baik dan juga berilmu tinggi, agar kedepan mereka menjadi Tuan di negerinya sendiri,” katanya.

Sementara itu, salah satu siswa yang mendapat bagian untuk menempuh pendidikan di Rusia Fiktor Kogoya mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dengan apa yang suda disediakan Gubernur Papua bersama PLI dalam menuntun dirinya dan 25 siswa lainya untuk menempuh pendidkan di luar negeru dengan berbagai kesiapan baik bahasa dan mental secara rohani.

“Saya senang karena akan melanjutkan studi S2 di Rusia dengan mengambil jurusan Pedagogical Education saya berterima kasih kepada Gubernur Lukas Enembe dan Direktur PLI Samuel Tabuni bersama staf yang sudah membina kami dengan berbagai persiapan,” ujarnya, (oel/luc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *