Pekerjaan 34 Jalan Lingkungan Capai 90 Persen

Salah satu  jalan lingkungan  yang dibangun di tahun 2019 yang pekerjaannya  sudah mencapai 100 persen. (Sulo/Cepos)

MERAUKE- Pada tahun  2019  ini, Pemerintah Kabupaten Merauke melalui  Dinas  Perumahan Rakyat dan Pertanahan  Kabupaten  Merauke meningkatkan  34 jalan lingkungan yang seluruhnya berada di dalam kota.   Kepala  Dinas Perumahan Rakyat dan Pertanahan  Kabupaten  Merauke Paino, SIP, ditemui   media ini mengungkapkan, bahwa  dari   34  jalan   lingkungan   yang   telah dikerjakan  tersebut  rata-rata sudah mencapai  90 persen.

    ‘’Progres pekerjaannya   sudah sekitar 90 persen dari 34   jalan  lingkungan yang  kita kerjakan tahun ini,’’ kata Paino.

   Dijelaskan, dari 34   paket pekerjaan  peningkatan  jalan lingkungan ini nilainya rata-rata Rp 400   juta.  ‘’Ada yang     nilainya Rp 500 juta. Ada juga yang Rp 300  juta. Tapi kalau dirata-ratakan   sekitar Rp 400  setiap paket pekerjaan,’’ jelasnya. Karena nilainya   di bawah Rp 1 miliar  tersebut, sehingga   paket  pekerjaan ini sifatnya penunjukan.

    Paino juga menjelaskan bahwa dibanding tahun  lalu, pekerjaan peningkatan   jalan lingkungan   tahun 2019  ini lebih cepat. Ini karena kontraknya   lebih cepat dilakukan dibandingkan tahun 2018 lalu.    

  “Kalau tahun lalu   itu ABT yang  lama. Karena rata-rata   jalan  lingkungan yang dikerjakan itu dialokasikan  pada  APBD Perubahan,’’ jelasnya.

   Soal material yang digunakan,. Paino menjelaskan  bahwa  untuk  pasir,  kerikil  semuanya   bahan  dari luar  Merauke.  Kecuali   untuk timbunan tanah   dan pasir  bagian dasar  merupakan   bahan lokal.

  ‘’Ada bagian pengawasnya   yang selalu  mengawasi  pekerjaan tersebut. Kalau  ada yang gunakan  material lokal   tinggal dilaporkan saja,’’  tandasnya.

   Diakui   Paino, bahwa   untuk 3 tahun  belakangan ini  jalan lingkungan  yang diperbaiki seluruhnya yang ada di dalam kota.  Dan setelah  jalanj lingkungan dalam kota  tersebut dibenahi   barulah bergeser ke  pinggir  kota.  ‘’Ini dalam rangka mendukung    pelaksanaan PON  XX,’’ katanya memberi alasan.

   Ditambahkan, bahwa pada   APBD Perubahan  2019  ini, tidak ada    lagi  tambahan anggaran untuk   peningkatan   jalan lingkungan tersebut. Sebab, anggaran yang ada difokuskan pada  pelaksaan PON  XX. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *