Waktu Efektif 2 Bulan, OPD Perlu Genjot Pekerjaan

Yarius Balingga (Gamel/cepos)

JAYAPURA – Ketua Komisi IV DPR Papua, Yarius Balingga mengaku khawatir denga penyerapan anggaran pada OPD di tingkat provinsi. Pasalnya saat ini sudah melewati pertengahan bulan September 2019 sehingga bisa dibilang masa efektif untuk bekerja tersisa 2 bulan mengingat di bulan Desember sebagian besar orang akan mempersiapkan kegiatan natal. Karenanya Yarius meminta pimpinan OPD lebih fokus menyelesaikan pekerjaan  namun dengan tetap sesuai standart aturan.

Pihaknya juga meminta agar terkait penyerapan anggaran pada pekerjaan pada semester pertama dilaporkan agar menjadi bahan  pertimbangan. Selain itu, setelah melaporkan data dalam APBD perubahan, Komisi IV juga berharap agar dokumen untuk APBD induk disiapkan mengingat agenda DPR yang cukup  padat. “Jadi kami ingin tahu angka penyerapan anggaran  setelah 1 semester kemarin. Dari situ kami bisa menghitung untuk dibahas dalam APBD perubahan maupun bagaimana realisasi pada APBD induk nanti,” kata Yarius di Entrop, Selasa (17/9).

Dikatakan dengan waktu efektif 2 bulan mau tidak mau semua harus menggenjot pekerjaan, jangan justru dari anggaran yang dplotkan malah jumlah besar yang harus dikembalikan ke kas negara dan ini akan sangat merugikan. “Selama ini yang kita dengar adalah tak ada pembangunan atau minim pembangunan, saya pikir ini tak lepas dari penyerapan anggaran juga. Dianggarkan besar namun kerja lambat akhirnya dikembalikan ke kas negara. Kalau begini ya jangan semua menyalahkan pemerintah pusat. Coba tanya pada dinasnya apakah tepat waktu atau ada kendala  lain,” bebernya.

Yarius juga meminta kepala dinas jangan  terlalu sering keluar daerah untuk menghidupkan koordinasi dengan pelaksana teknis lapangan. “Kalau jarang di tempat ini membuat pegawai juga bingung untuk berkoordinasi,” pungkasnya. (ade/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *